Mencicipi Makanan Khas 9 Negara di UAD

0
296

Para pengunjung yang hadir langsung bergerombol menuju stand makanan yang berjajar menggiurkan di halaman UAD kampus I, (6/12/2014). Sebelum mencicipi, pengunjung harus mengisi daftar hadir dan mengambil kupon yang disediakan panitia. Satu mahasiswa mendapat 3 kupon makan gratis. Kupon yang disediakan pun terbatas.

“Enak rasanya,” begitulah komentar Ayu, mahasiswi Akuntansi setelah mencicipi makanan khas Malaysia, India, dan Ukraina.

 Terhitung, ada sembilan negara−termasuk Indonesia−yang mengikuti acara Festival Kuliner yang diikuti sekitar 200 mahasiswa asing UAD.  Acara yang diadakan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) ini merupakan agenda tahunan. “Kami muter dari kampus ke kampus. Acara ini sudah masuk tahun kelima,” jelas Danang, panitia acara dari KUI.

Makanan yang disediakan bermacam-macam, sesuai khas negaranya. Seperti dari Thailand dengan Tomyam-nya, Vietnam dengan Bapxao, Cha Gio, dan Che Dau, serta Ukraina dengan salad-nya. Para peserta mengaku memasak sendiri makanan tersebut.

Stand makanan juga dihias dengan meriah. Mulai dari bendera, foto, sampai menghadirkan aksesori dari negara masing-masing. Beberapa mahasiswa asing pun menggunakan baju khas. Seperti mahasiswi asal India yang memakai sari, pakaian tradisional India. Selain itu, Anastashia menggunakan vishyvhanka, kemeja khas Ukraina.(mW)