Mengembangkan Karakter Anak Melalui Buku Cerita Bergambar

0
156

PGSD dan PGPAUD UAD Adakan Lomba mewarnai dan menggambarSebagai upaya meningkatkan jiwa karakter mahasiswa, Prodi PG PAUD selenggarakan workshop teknik penulisan cerita bergambar pada tanggal 6-8 April 2013. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Kampus 5 UAD Jl. Kyai Ageng Pamanahan, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakartatersebut mendatangkan beberapa pembicara dengan materi yang beragam.

Materi yang disampaikan pada hari pertama adalah seputar “Teknik menulis cerita” disampaikan oleh Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M. Hum (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UAD).  Pada hari kedua diisi oleh Nusritighfari Masri Khaerani, M.Psi (Dosen Psikologi UIN) dan Hanna Fatma Sari, M.Psi (Dosen PG PAUD UAD) dengan materi “Menganalisis isi cerita dari segi tahapan perkembangan anak”. Pada hari ketiga diisi oleh Avanti Vera Risti P., S.Pd (Dosen PG PAUD UAD) menyampaikan materi tentang “Teknik menggambar dan menulis cerita”, serta “Teknik mewarnai” diisi oleh Tri Jaka Nurjati.

 Workshop ini diikuti oleh 52 mahasiswa PG PAUD UAD dan 10 Mahasiswa PGSD UAD.Dalam workshop dibagi menjadi 11 kelompokHari pertama menghasilkan 10 cerita pendek dengan tema pengembangan karakter, hari kedua menghasilkan 10 cerita bergambar. Tujuan dari workshop ini adalah agar mahasiswa mampu membuat sekaligus mengembangkan karakter anak melalui buku ceritabergambar. (Dho)