Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa melalui Pelatihan PKM

0
161
Dr. Nurkhasanah, Apt.,M,Si. sedang menyampaikan sambutannya dalam acara pelatihan PKM yang diadakan oleh Departemen Keilmuan dan Pengembangan Farmasi (KPF) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (BEMF Farmasi UAD) pada Ahad (6/5/2018).

Bertempat di audit D kampus 3 UAD pada Ahad (6/5/2018), puluhan mahasiswa Farmasi tampak serius mendengarkan paparan para pemateri dalam acara pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diadakan oleh Departemen Keilmuan dan Pengembangan Farmasi (KPF) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (BEMF Farmasi UAD).

Pelatihan yang mengusung tema “Let’s Show Up Your Idea, Pharmacist for Indonesia” ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa melalui ide-ide yang ada di pikiran, sehingga dapat dituangkan dalam sebuah tulisan ilmiah.

Dr. Nurkhasanah, Apt.,M,Si. selaku Kepala Program Studi Farmasi dalam sambutannya mengatakan,“Semoga PKM tahun ini bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih ditingkatkan.”

Dalam kegiatan pelatihan PKM, ada dua materi yang masing-masing disampaikan oleh pembicara berbeda. Materi pertama dipaparkan oleh Aziz Ikhsanudin, M.Sc.,Apt. dan selanjutnya oleh Dr. Ret. Nat. Endang Darmawan, S.Si.,M.Si.,Apt.

Aziz mengatakan, “Untuk mencari ide atau gagasan penelitian, kita bisa mendapatkannya dari pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, penelitian orang lain, dan duplikasi.”

“Pada intinya, team work dalam PKM itu sangat penting karena banyak manfaatnya, antara lain bisa untuk mengendalikan ego, mencapai tujuan lebih cepat dan ringan, lebih mudah dan menyenangkan, berbagi kepemimpinan, saling hormat dan percaya di antara anggota, serta lain-lain. Ketika mengikuti PKM, alangkah baiknya jika mencari tim yang beda angkatan serta berbeda jurusan,” tambahnya.

Anita Larasati, ketua panitia pelatihan PKM, menjelaskan bahwa tema yang diambil kali ini dimaksudkan agar kita tahu bahwa Indonesia memiliki mahasiswa dengan ide-ide yang kreatif sehingga bisa bermanfaat untuk Indonesia ke depan.

Ia menambahkan, “Semoga setelah acara ini, kami dapat membantu mahasiswa dalam menyusun PKM serta dapat mengembangkan ide-ide mereka sehingga dapat tertuang menjadi tulisan ilmiah yang kreatif.”