Mengetahui Proses Penyusunan Kamus Dengan Bedah Kamus

0
174

Bedah Kamus Akbar Bahasa Arab

Kamis (01/05), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam (BEM-FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan acara Bedah Kamus Akbar Bahasa Arab (KABA) di Ruang Auditorium Kampus I UAD. Jalan Kapas 09, Semaki, Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Ustadz Athoillah Fathoni al-Khalil sebagai penulis Kamus dan Ustadz Talqis Nurdiyanto (Dosen Bahasa Arab UMY) sebagai pembedah.

Ustadz Athoillah kemudian menjelaskan dari segi leksikografi metodologi (proses-proses) penyusunan sebuah kamus. "Saya bersama dengan Ustadz Thoha Husein Al-Mujahid menyusun kamus besar ini dengan menghabiskan separuh umur saya" terangnya.

Pada kesempatan selanjutnya, Ustadz Talqis Nurdiyanto memaparkan sisi keunggulan/kelebihan dan kelemahan Kamus Akbar tersebut. Menurutnya, kamus yang baik di dalamnya terdapat pedoman penggunaan kamus bagi para pembaca dan hal itu ada pada Kamus ini.

Peserta yang hadir dalam acara tersebut datang dari berbagai kalangan. Ada yang dari kalangan akademisi baik dari dalam maupun luar Kampus UAD. Seperti: Mahasiwa, Dosen, Guru, dan Santri Pondok Pesantren serta masyarakat umum.

Ditemui di sela-sela acara, Adnan Ardi Yanto selaku Gubenur BEM-FAI dan ketua panitia acara tersebut mengungkapkan ”Acara ini sebagai pembuka dari acara Bazaar Buku yang diadakan dari tanggal 01-07 Mei yang selanjutnya akan diakhiri dengan acara Seminar Internasional”. (MCH)