Menjadi Generasi Wanita Cerdas dan Tangguh

0
274
Dr. Surahma Asti Mulsari, S.Si.,M.Kes. sedang memaparkan materinya di acara seminar emansipasi wanita “Menjadi Generasi Cerdas dan Tangguh” yang diadakan oleh Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat BEM FMIPA UAD pada Ahad (22/04/2018).

Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan (BEM FMIPA UAD) menyelenggarakan seminar emansipasi wanita. Acara ini diadakan di meeting room Sargede kampus 2 Unit B UAD pada Ahad (22/04/2018) dan hanya untuk mahasiswi FMIPA.

Tema “Menjadi Generasi Wanita Cerdas dan Tangguh” dipilih untuk acara ini, dan menghadirkan pembicara Nurul Suwartiningsih, S.Pd.,M.Sc. serta Dr. Surahma Asti Mulsari, S.Si.,M.Kes.

Surahma menegaskan, untuk menjadi wanita cerdas dan tangguh kita harus mengenali diri sendiri, memahami hak dan kewajiban sebagai wanita, berdamai dengan diri sendiri, merencanakan pencapaian (target-target), dan tawakkal.

“Peran seorang wanita banyak sekali, dalam peran tersebut kita harus punya peran seimbang dengan cara kompromi. Apa pun yang terjadi kita harus menerima hak dan kewajiban kita sebagai wanita,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Nurul mengatakan bahwa untuk menjadi wanita yang cerdas dan tangguh harus dimulai dari niat. Ia juga mengajak peserta seminar untuk wajib pintar dalam hal apa pun.

“Kalian sebagai wanita bukan berhak pintar, tetapi wajib pintar karena harus mencetak generasi cerdas dan tangguh,”  ucapnya.

Yusuf Nur Hidayah, ketua pelaksana seminar mengatakan, acara ini diadakan untuk membangkitkan semangat mahasiswa FMIPA agar berkegiatan di kampus dan bisa berkontribusi.

“Tema yang kami ambil itu ‘Menjadi Generasi Wanita Cerdas dan Tangguh’, maksudnya agar mahasiswi FMIPA cerdas dan bisa berperan sebagai Kartini di abad ke-21, sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Semoga setelah acara ini mahasiswi FMIPA bisa tergugah hatinya untuk berkegiatan di kampus dan berguna bagi masyarakat.” (dta)