Menjalin Koneksi dengan Alumni PBSI

399

 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) ada sejak tahun1982. Jabrohim berperan sebagai pendiri, dan saat itu gedung yang digunakan masih berada di kampus 1 Universitas Ahmad dahlan (UAD) di Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta. UAD pada masa itu masih bernama IKIP Muhammdiyah.

Seiring perkembangan yang sangat pesat di UAD, PBSI pindah ke kampus 2 UAD Jln. Pramuka 42, dan masih mendapat Akreditasi B. Sekarang, PBSI berpindah lagi ke kampus 4 yang merupakan gedung baru UAD berlantai 10, dan kini PBSI sudah mendapat Akreditasi A.

PBSI juga mencetak alumni yang sangat berkualitas. Mereka dapat bekerja dalam bidang apa pun. Di antaranya bidang kepemerintahan, kepolisian, kebudayaan, kepenulisan, kesusastraan, pendidikan, dan masih banyak lagi bidang lainnya, yang melenceng jauh kaitannya dengan PBSI.

Untuk mempertemukan dan menjalin silaturahmi yang sempat terputus akibat sibuk dengan pekerjaan masing-masing, PBSI akhirnya menyelenggarakan acara Temu Alumni. Dengan mengangkat tema “Menjalin Koneksi dengan Alumni”, acara menarik ini berlangsung pada Minggu (4/3/2018) di Islamic Center (IC) UAD Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Pada acara itu, alumni bercerita tentang pengalaman, bertukar ilmu atau informasi di daerahnya masing-masing, dan memberi informasi tentang pekerjaan. Tujuannya agar alumni dari PBSI bisa lebih kuat lagi eksistensinya.

Rencananya, acara ini akan diagendakan setiap tahun. Bukan hanya di Yogyakarta, nanti juga akan diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah sudah dibuat kepanitian yang akan bertanggung jawab untuk melancarkan acara. Alumni juga diwajibkan membuat buku. Semua itu untuk mendokumentasikan kegiatan dan nantinya dapat diberikan kepada universitas.

“Semoga dalam acara temu alumni yang pertama kali diselenggarakan, bisa membuat pertemuan ini bukan yang pertama dan berakhir. Tetapi, pertemuan kita hari ini menjadi awal untuk pertemuan berikutnya, serta dapat semakin mempererat tali silaturahmi sesama alumni PBSI,” ucap Kaprodi PBSI Dra. Triwati Rahayu, M.Hum.