Menumbuhkembangkan Seni untuk Membangkitkan Prestasi

0
227

 

“Agenda ini diselenggarakan yang pertama untuk memeriahkan Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke-55. Selain itu, karena adanya kegelisahan dari kami mahasiswa terhadap perkembangan seni dan budaya di kalangan mahasiswa UAD yang cukup rendah,” ujar Ginanjar Arif Wijaya selaku ketua panitia Rising Orange.

Acara Technical Meeting (TM) yang diadakan pada Jum’at (4/12/2015) membahas tentang agenda lomba kesenian. Mulai dari lomba cipta puisi, cipta cerpen, cipta karikatur, cipta poster, fotografi, baca puisi, dan drama.

“Peminat lomba bidang kesenian cukup banyak, kurang lebih sekitar 200 mahasiswa. Setidaknya dari peserta lomba ini masih ada yang peduli terhadap seni,” ujar mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) ini.

Ia menambahkan agenda kegiatan ini untuk melatih mahasiswa baru dalam berorganisasi dan menjadi event organizer. Panitia banyak yang berasal dari semester 1 dan 3. Selain itu, kepanitiaan juga diambil merata dari seluruh fakultas.

“Ada empat tujuan utama dilaksanakannya agenda Rising Orange. Pertama, membangun kesadaran civitas akademika UAD untuk kembali mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Kedua, melenyapkan budaya hedonisme dengan merancang kegiatan yang mengajak civitas akademika UAD untuk menggali nilai-nilai, bukan menilai permukaan. Ketiga, menumbuhkan sikap autokritik (mengkritik diri sendiri) pada diri civitas akademika UAD. Keempat, meningkatkan gairah mahasiswa untuk berperan aktif dalam segala aktivitas yang ada di UAD demi meraih prestasi akademik maupun non akademik.”

Di akhir wawancara, Ginanjar berharap mahasiswa tidak hanya berhenti pada aktivitas akademik, tetapi juga non akademik untuk menunjang prestasi. Selain itu, untuk menumbuhkembangkan sastra dan budaya di dalam diri mahasiswa UAD. (Ard)