Milad ke-16, Fakultas Kesehatan Masyarakat Gelar Seminar Kesehatan

0
280
Suasana seminar kesehatan yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan pada Senin (7/6/2018).

Rangkaian acara Milad ke-16, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (FKM UAD) menggelar seminar kesehatan di auditorium kampus 4 UAD, pada Senin (7/5/2018). Seminar ini bertema “Mewujudkan Masyarakat Sehat dengan Healthy City & Healthy Tourism”. Peserta tak hanya datang dari mahasiswa FKM, namun juga dari umum.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini yakni Jati Untari, S.K.M.,M.Kes. (Pengurus IAKMI Pengda DIY), Drg. Muhammad Taufik Abdul Kadir, M.Kes. (Kepala Bidang Yankes), Ir. Aris Riyanta, M.Si. (Kepala Dinas Pariwisata DIY), dan Drh. Asep Rustiawan, M.S.

Ahmad Ahid Mudayana, S.K.M.,M.P.H. selaku wakil ketua panitia menuturkan, penyelenggaraan seminar ini bertujuan untuk mengenalkan kepada publik bahwa ternyata ada aturan dan standar tersendiri untuk menjadikan kota Jogja yang sehat dan sebagai kawasan wisata.

Sementara Jati Untari mengatakan, definisi sehat menurut determinan kesehatan dalam kualitas sumber daya manusia terdiri atas sehat badan, tidak ada gejala dan tanda-tanda sakit, sampai dengan harus produktif secara ekonomi serta sosial.

“Harapannya, determinan sehat itu menjadi tanggung jawab semua komponen di negara kita. Jadi, bangsa kita menjadi tanggung jawab kita semuanya,” ungkapnya.

Ahmad menambahan, “Semoga Jogja bisa menjadi kawasan kota sehat, termasuk kawasan wisata yang sehat. Tidak hanya Jogja sebenarnya, tetapi Indonesia. Di sisi lain, program healthy city dan healthy tourism bisa mengindonesia karena banyak orang yang belum tahu terkait ini.”

Dalam acara tersebut, sekaligus dilaksanakan pengumuman lomba debat, lomba tahfidz, dan lomba poster yang telah dilaksanakan sebelumnya. (dta)