Nanas: Bulu Tangkis Mampu Menyegarkan Pikiran

0
46

Nanas, begitulah teman-teman memanggilnya. Pemilik nama lengkap Nastiti Luthfi Annisa ini merupakan aktivis kampus. Ia juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI).

Mahasiswi berkacamata ini suka bermain bulu tangkis sejak kecil. Kegemarannya itu membuatnya tertantang mengikuti ajang bergengsi yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) pada 12–13 Oktober 2019 yang dilaksanakan di Kasihan, Bantul. Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) cabang bulu tangkis ia taklukkan. Pada cabang olahraga ganda campuran, ia tetap optimis meraih kemenangan.

Bagi Nanas, kendala muncul saat latihan karena jadwal kuliahnya dengan rekan satu tim tidak sama. Akhirnya, diambil tengah yakni latihan malam hari setelah Maghrib. Latihan dilakukan setiap Senin dan Sabtu di GOR Supriyati di jalan Wates. Di luar hari tersebut, Nanas tetap berlatih dengan giat. Lima kali latihan membuatnya berkesempatan membawa sertifikat, uang pembinaan, dan piala juara 1.

Perjalanannya dalam dunia bulu tangkis tak melulu soal kemenangan. Perempuan asli Yogyakarta ini pernah gagal masuk final. Tak surut semangat dalam diri, akhirnya ia ikut lagi dan masuk semifinal.

Sebelum di bangku kuliah, Nanas sudah pernah ikut bulu tangkis juga. Saat Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun belum berkesempatan mendapatkan juara 1. Kini ia bersyukur karena berkesempatan meraih juara 1.

Manfaat mengikuti bulu tangkis baginya ialah untuk kebugaran tubuh dan me-refresh pikiran. Skripsi dan olah data menjadi rutinitas mahasiswi semester tujuh ini. Kejenuhan yang Nanas alami dapat hilang dengan bulu tangkis.

Trik menjadi pemenang bagi Nanas perlu latihan yang sungguh-sungguh dan niat dalam hati. Jika hal itu terpenuhi, Insya Allah akan menang. Ia membayangkan, piala itu harus menjadi miliknya. Membawa pulang piala untuk program studi dan menunjukkan bahwa ia dan rekannya bisa menang, jelas menjadi kebanggaan tersendiri.

“Teman-teman yang masih merintis prestasi, tetap semangat, ya! Yakinlah untuk bisa meraih kemenangan dalam setiap kompetisi. Terima kasih kepada rekan-rekan PBSI yang datang dan memberi dukungan. Semangat dari kalian adalah sumber motivasi saya untuk menang,” tutupnya pada 22-10-19 di Hall Kampus Utama UAD. (Dew)