Nasib UMKM Setelah Kampanye
Suara Merdeka (4 Desember 2020)
Purwoko
Setiap kali ada perdebatan saat kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada), materi yang selalu seksi diangkat adalah masalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Semua calon kepala daerah (cakada) dengan lantang dan beraninya akan membela UMKM. Tidak ada kecanggungan sama sekali saat cakada menyatakan bahwa dirinya adalah pembela UMKM. Pajangan etalase kampanye hampir dipenuhi oleh program UMKM dan Koperasi, namun realita menunjukkan usai kampanye dan suah ada cakada yang terpilih pajangan etalase kampanye tersebut seolah hanya menjadi barang-barang rongsokan yang tidak bermakna. Sangat ironis sekali. Dan ini selalu berulang. Apa yang harus dilakukan untuk menempatkan UMKM pada posisi yang seharusnya.
Selengkapnya nasib umkm setelah kampanye