PALP PBI UAD

0
594

Dari 2013 sampai sekarang, Peer Assisted Learning Program (PALP) rutin melaksanakan kegiatannya setiap minggu sekali. Program ini mengajarkan cara menghadapi siswa saat ada di dalam kelas, sehingga bisa menjadi bekal mahasiswa saat terjun di lapangan pekerjaan.

Berdirinya PALP berawal dari ide Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yaitu R. Muhammad Ali, S.S., M,Pd. PALP wajib diikuti oleh mahasiswa PBI, supaya nanti bisa mempunyai nilai tersendiri saat lulus, dan ketika mahasiswa mencari pekerjaan bisa lebih mudah serta terpercaya keahliannya.

Dalam kegiatan ini, belajar-mengajar dilakukan oleh sesama teman PBI. Pendamping atau mentor mulai dari semester 3-6, dan yang diajari mahasiswa semester 1-2. Pelajaran apa pun dibahas, sehingga wawasan peserta lebih luas dan universal. Harapannya, ketika sudah terjun langsung ketika mengajar, mahasiswa tidak kebingungan dan bisa dengan cepat menjawab pertanyaan dengan tepat.

Pada angkatan 2017 terdapat 108 mahasiswa, dan dibentuk menjadi 10 kelompok. Dalam 1 kelompok, terdapat 2 mentor dari mahasiswa semester atas.

“Terbentuknya PALP bertujuan untuk menjadi pusat pembelajaran mahasiswa PBI di luar kampus. Dalam kegiatannya, mahasiswa tidak boleh memendam pertanyaan karena di sini kami sesama mahasiswa, bukan dosen. Keterbukaan sangat penting buat kami,” ucap Rahmat Juliarto.

Mahasiswa yang ikut PALP akan dipromosikan ke sekolah-sekolah di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan, pekerjaan yang menawar peserta. Mereka bisa berpenghasilan senilai Rp25.000,00 per 90 menit.

“Semoga ke depannya PALP ini bisa rutin dilaksanakan, dan bisa menciptakan lulusan yang hebat. Kami akan membuktikan kalau akreditasi A layak untuk Prodi PBI UAD, dengan melihat kualitas mahasiswanya,” imbuh Rahmat ssaat ditemui Sabtu (10/03/2017).