Papan Pintar: APE Versi PGPAUD UAD

0
70

Anastasya Ristu Pratiwi, Anis Kurnia, dan Maharani Rosi Agustina dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bertandang ke Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk mengikuti lomba Alat Permainan Edukasi (APE) dalam acara Festival PAUD tingkat nasional. Perwakilan dari UAD ini membuat alat permainan yang diberi nama papan pintar. Alat tersebut dikerjakan sekitar tiga hari oleh Anastasya beserta tim. Bahannya cukup sederhana dan ramah lingkungan. Berupa kardus, koran, dan beberapa barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Anastasya mengungkapkan, “Harapan kami permainan ini bisa mengasah perkembangan motorik pada otak anak. Anak bisa bermain, mendapat ilmu, dan melatih kerja sama. Suasana pembelajaran yang mengasyikan bagi anak usia dini sangat penting. Karena mereka hanya kenal dengan permainan. Sebagai mahasiswa PGPAUD, kita harus kreatif mengisi permainan tersebut dengan ilmu yang bisa mengembangkan potensi anak.”

Tim ini memang tanpa pendampingan dosen ketika mengikuti lomba. Namun, hal itu sama sekali tidak menyurutkan semangat.

“Jangan pernah merasa semua hal yang telah dilakukan sia-sia, karena segala hal yang telah diperjuangkan pasti ada nilainya. Hanya mendapat juara 2 atau 3 tidak bisa dibilang rendah. Selanjutnya, bisa dibilang pemenang ketika usaha dan potensi dimaksimalkan. Juara 1, 2, dan seterusnya hanya sebuah hadiah dari suatu usaha,” pesannya pada 7-12-2019 di Kampus V UAD. (Dew)