Pelatihan Verifikator sebagai Optimalisasi Implementasi Sinta

0
230

“Untuk mengimplementasikan Science and Technology Index (Sinta) agar berjalan optimal, diperlukan kegiatan verifikasi data yang dapat mengatur mekanisme pengumpulan data, serta menjamin data yang masuk valid dan sesuai dengan kinerja masing-masing penulis. Oleh karena itu, pada tahun 2018 kegiatan verifikasi Sinta yang sebelumnya dilakukan terpusat, akan didelegasikan ke masing-masing perguruan tinggi untuk memudahkan dan mempercepat proses verifikasi. Sebagai bagian dari pendelegasian proses verifikasi, maka diperlukan pelatihan untuk pelatih verifikator dan verifikasi Sinta,” jelas Dr. Rully Charitas Indra, selaku ketua panitia saat memaparkan laporannya.

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar Pelatihan Verifikator Sinta Tahun 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jl. Janti-Gedong Kuning, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta (17-18/04/2018). Acara tersebut bertujuan untuk melakukan penyamaan persepsi terkait dengan fitur dan fasilitas yang akan diberikan oleh pelatih kepada verifikator, memberikan panduan, petunjuk teknis, pemecahan masalah dalam proses verifikasi data dosen dan lembaga di perguruan tinggi masing-masing, serta melakukan pembinaan terhadap verifikator di perguruan tinggi sehingga data yang ada di Sinta kualitas terjaga dengan baik. Acara ini menghadirkan beberapa pembicara, yakni Ir. Ira Nurhayati Djarot, M.Sc., Ph.D., Son Ali Akbar, S.T., M.Eng., San Frisa Chaerul Haviana, M.Kom., dan Drs. Sjaeful Irwan, M.M.

“Harapan setelah diadakannya pelatihan ini, dapat mencetak verifikator-verifikator yang profesional dan mempermudah teman-teman lain untuk mendaftar akun di Sinta. Sehingga, nanti Sinta bisa digunakan dengan sebaik mungkin,” jelas Dr. Kasiyarno, M.Hum. selaku Rektor UAD dalam sambutannya. (nda)