Pembukaan POM, Danang: Mahasiswa FKIP Harus Punya Soft Skill

0
278

Sudah ketiga kalinya Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta diselenggarakan. Pastinya, pembukaan POM tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya. Terbukti, ada penyalaan obor seperti nuansa pembukaan Asian Games 2018 di Indonesia. Hal ini dieksekusi langsung oleh Danang Sukantar, M.Pd. selaku Biro Pengembangan Kemahasiswaan, bertempat di kampus 2 UAD Jln. Pramuka No.42, Sidikan, Yogyakarta, Selasa (11/9/2018).

Rangkaian perlombaan POM ada empat, yaitu basket, voli, bulu tangkis, dan futsal. Perlombaan wajib diikuti oleh mahasiswa di sembilan program studi yang ada di FKIP, di antaranya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahas Inggris (PBI), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Biologi (PBio), Pendidikan Matematika (PMat), Pendidikan Fisika (PFis), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), serta Bimbingan dan Konseling (BK).

Danang menyinggung dalam sambutannya, acara ini merupakan kegiatan yang mempersiapkan generasi mahasiswa yang sehat. Perlu diketahui, di lapangan kerja seseorang akan diterima jika memenuhi syarat penilaian tertentu seperti 25% kesehatan, 60% soft skill, dan selebihnya dilihat dari prestasi akademik. Namun, banyak sekali lulusan perguruan tinggi yang tidak diterima karena tidak sehat dan soft skill-nya kurang.

Mahasiswa FKIP harus berprestasi, karena FKIP merupakan fakultas terbesar di UAD. Teruslah berkegiatan di minat bakat yang ada di UAD. Dan jangan lupa, mahasiswa FKIP harus mempunyai soft skill karena itu pemicu diterimanya seseorang di lapangan kerja,” jelasnya.

Pembukaan yang meriah ini dihibur oleh LSO Muvo Dance, Dance Sekolah Mahasiswa Merdeka, Stand Up Comedy, dan UKM Musik UAD. (ASE)