Penganjian Menjaga Kesehatan dengan Anjuran Islam

0
201

Dr. dr. Probosuseno, SpPD., K-Ger., FINASIM. menjadi pembicara dalam pengajian dan layanan kesehatan purnatugas, yang diselenggarakan dalam rangkaian Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke-57 pada Sabtu (06/01/2017), pukul 08.00 WIB-selasai.

“Kiat supaya lansia bahagia, sehat, senang, taqwa, terhormat, mandiri, dan bermanfaat untuk masyarakat, Anda harus mengamalkan pola hidup sehat seperti yang dianjurkan nabi. Seperti shalat, membaca al-Qur’an, makan dan minum tidak berlebihan, serta olahraga.”

Banyak orang memaknai sukses itu kalau banyak uang. Padahal, sukses sebenarnya ialah bangga dengan masa lalu dan puas dengan masa kini. Banyak orang yang telah pensiun mati depresi, dan mati karena tidak puas pada masa kini. Kalau orang sudah sukses, ia tidak akan cemas dengan masa depan. Ia senantiasa disayang dan dihormati banyak orang dangan berbuadaya baik pada masa silam, dan pasti semua itu diingat oleh orang.

Orang-orang ingin mempunyai harta yang cukup, pekerjaan yang penghasilannya banyak dan jabatannya tinggi, keluarga harmonis, anak keturunan bahagia, terhormat dan berguna, matinya baik dan mudah enak murah meriah, serta nantinya masuk surga. Untuk mencapai harapan tersebut, pasti ada halangan berupa sakit, miskin, bodoh, dan masa tuanya tidak bisa apa-apa.

Terkait hal tersebut, Probosuseno memberi rumus. Untuk mencapai itu semua, kita harus selalu mengingat Allah Swt.dengan shalat, berzikir, berdoa, tinggalkan hal-hal tak penting, jangan stres, lingkungan senantiasa bersih, aktif belajar, dan bersedekah. Sebab, itu semua adalah terapi pelengkap medis.

“Karena mencegah lebih baik dari mengobati, dan sehat itu mahal,”  ucap Probosuseno.

Di auditorium Islamic Center UAD, Probosuseno juga mengajak semua undangan dan panitia acara untuk melihat dan mengecek kesehatan dengan tepuk tangan sampai merah. Tepuk tangan dilakukan dengan menggunakan irama nyayian, supaya menjadi lebih menyenangkan dan terapi ini juga bisa menjadi resep sehat dan bahagia. (ASE)