Pengukuhan Guru Besar Prof. Drs. Hariyadi, Ph.D.

0
218

Sabtu (21/06/14) di Auditorium Kampus 1 jalan Kapas. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) laksanakan Pengukuhan Guru Besar Prof. Drs. Hariyadi, Ph.D. Guru Besar Fisika UAD. Hadir pada kesemptan tersebut civitas UAD, mahasiswa dan tamu undangan.  

Dalam pidatonya yang berjudul “Karakteristik Nanomaterial Menggunakan Cahaya Terpolarisasi Untuk Mendukung Pengembangan Nanoteknologi Nasional” Hariyadi menyampaikan bahwa judul di atas dipilih sebagai sebuah rangkuman  ‘Perjalan Ilmiah’ yang panjang selama bertahun-tahun. Hal tersebut dilakukannya dalam upaya meningkatkan penguasaan ilmuan melalui riset di berbagai negara maju seperti di Inggris, Finlandia, Jerman, Spayol, Amerika Serikat, dan juga di dalam Negri untuk bidang ilmu fisika dan terapannya.

Lebih lanjut dosen di Program Studi Fisika konsentrasi MELINS (Metrologi-Elektronika-Instrumentasi), FMIPA UAD ini berharap akan dapat membawa keunggulan akademik dalam berbagai dimensi serta martabat bangsa Indonesia.

Sebelumnya pada Jum’at, (09/05/14) Koordinator Kopertis V Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES, DEA menyerahkan surat keputusan pengangkatan Guru Besar atas nama Drs. Hariyadi, Ph.D. Surat keputusan bernomor 39749/A4.3/KP/2014 dan ditandatangani oleh Mendikbud Republik Indonesia menetapkan bahwa Drs. Hariyadi, Ph.D. diangkat sebagai Guru Besar/ Profesor dalam bidang Ilmu Fisika terhitung mulai 1 Maret 2014.

Dengan ditetapkannya Prof. Drs. Hariyadi, Ph.D. kini Universitas Ahmad Dahlan memiliki 18 orang Profesor. Ditengah ketatnya persyaratan administrasi pengajuan jabatan akademik dosen, pengangkatan Prof.Drs. Hariyadi, Ph.D. sebagai Guru Besar diharapkan akan memacu semangat Dosen UAD untuk meraih jabatan fungsional lebih tinggi.