Perempuan Membaca Sastra

0
159

Forum Apresiasi Sastra (FAS) #45 yang diselenggarakan pada Rabu (8/4/2015), di hall kampus II Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menampilkan para perempuan pecinta sastra. Mereka adalah mahasiswi, alumni UAD, serta beberapa penampil dari luar UAD yang turut membacakan karya dari para penulis perempuan yang diapresiasi oleh para perempuan.

Menurut Angga T Sanjaya, FAS kali ini mengangkat tema “Perempuan Mengapresiasi Sastra” sebagai salah satu cara untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April nanti.

Acara yang rutin setiap bulan pada minggu kedua hari Rabu itu diawali dengan pembacaan puisi oleh Dita yang membacakan karya Dorothea Rosa. Dilanjutkan oleh Riska, Rachma Nurjanah, dan Dinar Suci Mayaratih.

Selain pembacaan puisi, juga ada pembacaan cerpen oleh Putri Kusuma Ningrum dan musikalisasi puisi dari Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB), serta tari puisi dari Apsari Amandita.

Acara semakin berbeda dengan penampilan pelukis puisi perempuan UAD. Ia adalah Melia Tri Pamungkas. Perempuan cantik itu melukis di panggung selama kurang lebih dua jam, yakni sejak acara dimulai.

“Lukisan ini adalah visualisasi dari puisi karya Evi Idiawati yang berjudul ‘Catatan Ibu’,” terang Meli setelah menyelesaikan lukisannya. Menurut Meli, gambar perempuan dalam lukisannya merupakan istri yang sedang meratapi kematian suaminya. Di bagian bawah, sebuah simbol hitam merupakan lukisan anaknya yang terbakar.

Acara menarik ini ditutup oleh pembacaan puisi oleh Meli, sesaat setelah menyelesaikan lukisannya.