Perilaku Asertif Generasi Millennial Menurut Perspektif Psikologi Islam

0
284
Dr. Bagus Riyono, M.A.,Psikolog. dan Dra. Elli Nur Hayati, M.P.H.,Ph.D.,Psikolog. selaku pemateri dalam acara seminar Psikologi yang diadakan oleh Insight Community pada Ahad (6/5/2018).

Insight Community Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara seminar Psikologi di auditorium kampus 1 UAD pada Ahad (6/5/2018). Acara ini ditujukan untuk umum.

Mengusung tema “Perilaku Asertif Generasi Millennial Menurut Perspektif  Psikologi Islam”, sebanyak dua pemateri dihadirkan. Mereka adalah Dr. Bagus Riyono, M.A.,Psikolog. (Dosen Psikologi UGM, Dewan Pakar Asosiasi Psikologi Islam dan Lector Psikologi UGM) dan Dra. Elli Nur Hayati, M.P.H.,Ph.D.,Psikolog. (Dosen Psikologi UAD, Peneliti di Rifka Annisa Research dan Training Yogyakarta).

Elli mengatakan, pada intinya asertif  ialah jujur ketika mengomunikasikan suatu pesan, dan  ketika menyampaikan pesan tersebut tidak sampai menyinggung perasaan orang lain.

“Asertif itu ketika kita berani berkata ‘iya’ apabila kita mau, dan berani berkata ‘tidak’ kalau memang kita tidak mau,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Bagus mengatakan bahwa asertif berkaitan dengan etika kita ketika berkomunikasi yaitu ma’ruf (baik), sadida (benar/jujur), baligha (berbekas/meninggalkan bekas), karima (mulia), masyura (pantas), dan layyina (lemah lembut).

Sementara itu, Iva Nining Riyanty selaku ketua panitia mengatakan , acara ini diadakan untuk menyeimbangkan pengetahuan mahasiswa, khususnya mahasiswa Psikologi, antara psikologi menurut perspektif Barat dan perspektif Islam. (dta)