Pertunjukan Gending Bahana, Fadlil: Ini Sangat Membanggakan!

0
165

Senin (17/9/2018), komunitas gamelan Gending Bahana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mempersembahkan simfoni pertunjukan budaya. Pertunjukan kali ini mengusung tema “Nyawiji Ing Budaya”, dan berlangsung di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Gending Bahana banyak memberikan peran di acara UAD, terutama dalam acara wisuda. Pertunjukan ini sangat membanggakan,” ungkap Dr. Abdul Fadlil, M.T., selaku Wakil Rektor III UAD dalam sambutannya.

Ia juga bercerita, “Saya pernah berbicara dengan Dr. Kasiyarno, M.Hum., Rektor UAD, terkait Gending Bahana. Dalam acara wisuda, selalu diiringi gamelan dari Gending Bahana. Hal itu bertujuan untuk mendukung kreativitas mahasiswa UAD serta bisa melestarikan warisan budaya leluhur. Ini sangat bagus untuk kelangsungan budaya tersebut, khususnya gamelan.”

Ia juga menjelaskan, meskipun UAD belum mempunyai jurusan seni, mahasiswa banyak yang berbakat. Entah itu seni tari, suara, musik, gamelan, dan lainnya.

Saya sangat mengapresiasi pertunjukan budaya ini. Semoga Gending Bahana bisa menunjukkan eksistensinya, serta bisa berkolaborasi dengan komunitas gamelan lainnya dengan lebih baik.”

Pertunjukan spektakuler tersebut juga dimeriahkan oleh guest star pegiat seni yaitu Paramandi Junior Indonesia, Lumbung Artema, dan Titik Awal. (ASE)