PIK-M UAD Sahabat Mentari Raih Juara Terbaik I dan PIK R/M Unggulan

0
103

Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Sahabat Mentari Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dinobatkan sebagai Juara Terbaik I dalam ajang kompetisi Pemilihan PIK R/M Unggulan Tahap Tegar Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Nindiya Eka Safitri selaku ketua PIK-M Sahabat Mentari menyampaikan bahwa persiapan untuk lomba tersebut dilakukan melalui proses yang panjang. Hampir 1 bulan penuh PIK-M Sahabat Mentari mempersiapkan segala keperluan lomba untuk tingkat kota Yogyakarta.

Alhamdulillah kami berhasil menjadi Juara Terbaik I Tingkat Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Dari sini, PIK-M Sahabat Mentari masuk sebagai nominasi PIK R/M Unggulan Tahap Tegar Tingkat Provinsi DIY, dan kemudian dilakukan visitasi ke lapangan.

Persiapan meliputi kelengkapan administrasi, penataan ruang kerja, penyempurnaan buku profil, penyempurnaan video profil, pengoperasian Generasi Berencana (GenRe) Kit dan pengembangan permainan inovasi, serta masih banyak lagi. Persiapan ini melibatkan seluruh anggota tanpa terkecuali. Orientasinya satu, yaitu juara.

“Akhirnya, pengorbanan dan perjuangan itu mendapat imbalan yang luar biasa menyejukkan hati seluruh anggota PIK-M Sahabat Mentari, Prodi BK FKIP UAD, dan civitas akademika Prodi BK FKIP UAD.”

Perjuangan teman-teman PIK-M Sahabat Mentari dalam kompetisi ini tidak mudah. Rangkaian kompetisi dimulai sejak bulan Maret hingga September 2015. Seluruh anggota bahu-membahu mempersiapkan segala hal yang menjadi item penilaian juri lomba.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja teman-teman PIK-M Sahabat Mentari. We proud to you, just do the best and think creative,” ungkap Dody Hartanto, M.Pd., Kaprodi BK.

Kompetisi tahunan tersebut diselenggarakan oleh Perwakilan BkkbN Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta dalam kompetisi ini terbagi dalam 3 golongan, yaitu PIK Remaja Sekolah, PIK Remaja Masyarakat, dan PIK Mahasiswa, dengan 3 jenis kategori yaitu kategori tumbuh, tegak dan  tegar.

Kepala BkkbN Perwakilan DIY, Dra. Hitima Wardhani, MPH. mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menggali prestasi dan kemajuan PIK R/M sekaligus memberdayakan PIK R/M yang ada.

“Nantinya akan menjadi wadah sosialisasi dan operasi program GenRe demi mencapai visi dan misi BkkbN dalam mengendalikan ledakan penduduk di Indonesia,” terang Hitima saat memberi sambutan pada penyerahan penghargaan dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Gunungkidul (19/9/15).