Rapat Anggota Tahunan Kopma UAD

0
300

Tanggal 14 Agustus 2000 menjadi hari bersejarah karena mahasiswa berhasil membangun kembali Koperasi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (Kopma UAD). Saat itu, yang menjabat sebagai ketua adalah Sri Eka Sulyantin, mahasiswa Prodi Farmasi Angkatan 1997. Kantor Kopma masih di ITC UAD Jln. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta.

Sebenarnya, berdirinya Kopma sejak UAD masih bernama IKIP Muhammadiyah. Tetapi pada masa itu, Kopma tidak mempunyai kepengurusan lagi atau tidak aktif, dan bidang keanggotaannya juga tidak ada. Melihat keadan seperti itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada periode 2000-2001 mempunyai visi untuk membangun dan memperbaiki Kopma. Akhirnya, Kopma IKIP Muhammadiyah berubah nama menjadi Kopma UAD seperti yang kita kenal sekarang.

Sabtu (24/03/2018), Kopma UAD mengadakan rapat anggota tahunan, sidang, dan perkenalan anggota kepengurusan periode 2018-2019, yang diambil dari mahasiswa angkatan 2017. Acara ini bertempat di kampus 4 UAD Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, dengan mengusung tema “Mewujudkan Semangat Kopma UAD yang Berintegritas”.

Banyak hal yang dibahas, di antaranya tentang anggaran dasar, pengeluaran, dan pemasukan pada tahun sebelumnya. Selain itu, dibahas pula tentang pemilihan ketua umum dan kepengurusan Kopma UAD.

“Saya berharap acara ini bisa menjadi sarana demokrasi bagi setiap anggota Kopma UAD, agar ke depannya lebih menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan serta bisa menyejahterakan lingkungan UAD. Mahasiswa juga harus bangkit berpartisipasi dalam berorganisasi di Kopma,” jelas Debril selaku ketua panitia.

Anggota Kopma sampai saat ini sudah mencapai 300-an, yang terdiri atas seluruh prodi di UAD. Selain dari UAD, acara rapat tahunan ini juga mengundang seluruh Kopma se-Yogyakarta, UKM, serta organisasi yang ada di UAD. (ASE)