Sambut MEA, 2342 Peserta Ikuti Seminar Nasional

0
149

 

Tercatat, ada 2342 peserta dalam seminar dengan tema “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era MEA” yang diadakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Bima Hall A Jogja Expo Center (JEC), Minggu (20/3/16).

Acara yang bekerja sama dengan Active Learning Facilitator Association (ALFA) Wilayah DIY-Jateng tersebut diharapkan menjadi bahan renungan agar kita harus siap dan mau untuk terbuka di era MEA.

“Kita perlu sejak dini meningkatkan kapasitas diri dalam menyiapkan peserta didik di era MEA. Diharapkan kegiatan ini dapat membawa spirit, memotivasi, dan menginspirasi kita semua untuk menyiapkan diri menghadapi MEA,”  ucap Dra. Sri Tutur Martaningsih, M.Pd. selaku ketua panitia dalam sambutannya.

Menurut Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum. dalam sambutannya, kegiatan ini sangat relevan dengan bangsa Indonesia sekarang ini, bahwa character building sangat dibutuhkan. Hal tersebut melihat kondisi bangsa yang menghadapi tantangan multimedia. Kasus yang sedang marak terjadi kasus sodomi oleh anak-anak dan penggunaan narkoba oleh gaya hidup yang jelas sangat merusak generasi bangsa.

“Semuanya kembali pada character building, agama Islam sangat jelas mementingkan hal itu, yakni akhlakul karimah. Dunia ini tanpa karakter maka dunia akan hancur,” tukasnya di hadapan 104 pemakalah dari berbagai perguruan tinggi yang ikut seminar.

Seminar Nasional ini menghadirkan pemateri antara lain Prof. Uman Suherman. A.S., M.Pd. selaku dosen Bimbingan dan Konseling UPI Bandung. Ia membahas seputar optimalisasi peran BK dalam menghadapi MEA.

Pemateri kedua oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Si. yang merupakan dekan FIP Universitas Tidar sekaligus Ketua Active Learning Facilitator Association (ALFA) DIY-Jateng yang membahas implementasi pendidikan karakter melalui active learning dengan beberapa teori dan contoh active learning.

Terakhir, oleh pemateri Dr. Muqowim, M.Ag. yakni dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang membahas tentang menyiapkan diri dengan pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman di dunia MEA.

Seminar Nasional ini semakin meriah dengan pertunjukan seni dari Sanggar Tudung Pelite Kepulauan Riau (KPMKR-KKJ) yang menampilkan Tari Persembahan, Kamaratih Band dari UKM Musik UAD, Muvo Dance Prodi PGSD, dan persembahan jingle dari prodi BK dan prodi PGSD. (doc)