Sekolah Menengah Malaysia Kunjungi UAD

0
187

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menuju world class university. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kerja sama yang dilakukan baik dari dalam maupun luar negeri. Diantaranya kerja sama dengan beberapa Sekolah Menengah Malaysia.

Selasa (25/03) Beberapa instansi sekolah menengah Malaysia mengadakan kunjungan pendidikan di UAD. Acara yang berlangsung di ruang sidang utama Kampus 1 UAD Jalan kapas 09 semaki Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui Lab school yang dimiliki oleh UAD serta untuk berkenalan lebih jauh dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang ada  di Yogyakarta.

Ditemui di ruang sidang kampus I UAD sebelum acara dimulai, Muhammad Joko Susilo, M.Cs.  selaku ketua panitia acara kunjungan tersebut menjelaskan. Saat ini UAD telah memiliki 31 Labschool yang tersebar di seluruh Yogyakarta dimulai dari TK sampai tingkat SMK.”

“Ada dua sekolah yang hadir pada acara tersebut, yaitu. Sekolah Menengah Kebangsaan Bukit Kayu Hitam dan Sekolah Menengah Kebangsaan Pulonyiur Malaysia. Peserta yang datang  dari malaysia totalnya ada 21 orang. Diantaranya ada 9 orang guru dan 12 orang siswa.” tambah Joko Susilo yang juga menjadi Kepala Pusat Pengembangan Mutu Sekolah.

Acara tersebut turut dihadiri juga oleh Prof. Sarbiran Wakil Rektor IV, Dr. Muchlas, MT, Wakil Rektor I, Drs Safar Nasir M.Si, Wakil Rekttor II , dan Ibu Ida Puspita, MA. Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD.

Prof. Sarbiran dalam sambutanya menghimbau kepada peserta kunjungan agar senantiasa menjaga hubungan baik dan saling bekerjasasama antara dua negara dan dua instansi dalam meningkatkan teknologi di masa modern ini. Hal senada juga diutarakan oleh Ibu Puan Hj. Siti Aminah selaku Kepala Sekolah Pulonyiur Malaysia sekaligus perwakilan pembicara dari Malaysia. Agar senantiasa menjaga hubungan baik dan kerja sama terutama dalam bidang pendidikan.

Rangkaian acara kunjungan tersebut juga dimeriahkan dengan dihadirkannya beberapa Mahasiswa yang berprestasi di bidang teknologi. Diantaranya ada beberapa mahasiswa FTI dengan robotnya dan mahasiswa Pendidikan Fisika unggulan dengan roketnya. Mereka mempresentasikan hasil karya mereka dalam berbagai kejuaraan di tingkat nasional yang telah mereka ikuti.

“Harapan kedepannya setelah diadakan acara kunjungan dari Malaysia ini dapat menjadikan Labschool yang dimiliki UAD dapat go international dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.” Ungkap Joko Susilo diakhir wawancara. (MCH)