TELKOMNIKA UAD Raih Rangkin 1 dan 3 SCOPUS

0
144

Sesuai dengan visi misi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk go international Jurnal TELKOMNIKA UAD menjadi salah satu jurnal yang dikenal seluruh dunia. “Satu-satunya Jurnal dari Perguruan Tnggi di Indonesia yang diakui oleh DIKTI” terang Tole Sutikno selaku editor –in-cheif Telkomnika. Jum’at (18/7).

Setelah terakreditasi A oleh Dikti per-Agustus 2013-Agustus 2018. Pada 6 Juli 2014 Jurnal TELKOMNIKA UAD kembali meraih prestasi menjadi jurnal ranking 1 di Indonesia dari variable SNIP. Dan menduduki ranking 3 di Indonesia dari variable SJR (berdasar penilaian dari SCOPUS). “Saat ini Jurnal TELKOMNIKA UAD lebih unggul dari UGM, IPB, UI, UIN Sunan Kalijaga dan beberapa PT lainnya” Tole menambahkan.

Lebih lanjut Tole Menjelaskan bahwa TELKOMNIKA menerbitkan semua artikel berkaitan bidang Teknik Elektro, Komputer dan Informatika, meliputi: seluruh bidang Teknik Telekomunikasi, Komputasi (computing), Elektronika, Elektrik (Listrik/Energy/Power), Kendali & Instrumentasi, Komputer dan Informatika. TELKOMNIKA akan dibaca oleh semua akademisi dan peneliti meliputi mahasiswa (S1, S2, S3), dosen, peneliti, juga pustakawan dan pemerhati pendidikan di Indonesia.

Jurnal TELKOMNIKA sendiri terbit pertama Desember 2003 oleh Prodi T. Elektro, FTI UAD. “Saat ini telah menerbitkan artikel lebih dari 1000 (seribu). Tahun 2007-2010 menerbitkan naskah in Indonesia dan English. Sejak Edisi Desember 2010 semua naskah yang diterbitkan in English” Parap Tole

 

Mengenal Scopus

Scopus adalah salah satu flagship yang dimiliki oleh Elsevier. Scopus adalah lembaga pengindeks yang mengevaluasi unjuk kerja (kualitas) sebuah jurnal internasional. Di Indonesia, sebuah jurnal dikatakan sebagai jurnal internasional bereputasi "terakreditasi" salah satunya bila terindeks di Scopus. TELKOMNIKA adalah salah satu dari 17 jurnal di Indonesia yang terindeks oleh Scopus. Dari 17 jurnal tesebut, hanya TELKOMNIKA UAD yang sekaligus terakreditasi "A" oleh Dikti.

SCOPUS memiliki/menciptakan 2 (dua) indikator/variabel utama penilaian untuk kerja sebuah jurnal internasional:

SNIP (Source Normalized Impact per-Paper) –> Didefinisikan sebagai perbandingan jumlah situasi jurnal per-makalah yang diterbitkan sebuah jurnal dan potensi sitasi pada bidang ilmu ilmu yang sama (ranking dinormalisasikan pada bidang ilmu yang sama). Hal ini bertujuan untuk memungkinkan perbandingan/perankingan terhadap seluruh jurnal pada seluruh bidang keilmuan yang berbeda.

SJR: Scimago Journal Rank (SJR) –> Ukuran pengaruh ilmiah (scientific influence) sebuah jurnal yang mempertimbangkan 2 hal: (i) JUMLAH artikel yang merujuk, dan (ii) prestise/POPULERITAS dari jurnal lain yang merujuk jurnal kita. Scimago adalah sebuah kelompok riset di Universitas Granada (Spanyol) yang merupakan partner Scopus, yang berdedikasi untuk analisis informasi, representasi dan perbaikan teknik visualisasi.

Berdasarkan variable SNIP, TELKOMNIKA UAD adalah jurnal ranking satu di Indonesia; dan jurnal ranking ketiga di Indonesia berdasarkan indikator SJR.(Sbwh)