Tips Sehat Selama P2K

0
252

Hendy Ristiono, S.Far., Apt.

Menurut Hendy Ristiono, S.Far., Apt. selaku koordinator Tim Kesehatan (timkes) Program Pengenalan Kampus (P2K), dari evaluasi yang dilakukan dari tahun sebelumnya. Ada dua gangguan kesehatan selama P2K, yakni fisik dan psikis, yang akan dialami oleh mahasiswa baru (Maba) atau panitia.

“Aktivitas P2K yang cukup padat dari pagi hingga sore, dan malamnya mahasiswa juga mempersiapkan diri untuk kegiatan besoknya menyebabkan muncul keluhan fisik. Secara psikis, Maba akan merasa asing sebab belum beradaptasi dengan lingkungan. Mereka jauh dari rumah atau orang tua. Akibatnya, ada yang tidak mau makan sehingga akan melemahkan psikis dan fisiknya,” jelas Hendy.

Berikut ini beberapa tips sehat yang dijelaskan oleh Hendy untuk Maba dan panitia agar dapat mengikuti P2K dengan baik.  

“Tips sehat secara fisik, jangan lupa untuk makan atau minum yang teratur dan bergizi, istirahat yang cukup, menyempatkan diri untuk olahraga ringan, bila perlu minum multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh. Apabila memiliki penyakit khusus atau obat khusus, agar membawa obat tersebut. Sedangkan yang berhubungan dengan kesehatan psikis, lakukan refreshing dan berkumpul dengan teman-teman. Hal tersebut dapat mengurangi kejenuhan dan rasa sedih karena jauh dari orangtua. Paling tidak, adanya teman bisa saling sharing,” jelas dosen kelahiran Tegal, 14 April 1980 tersebut.

Untuk mengantisipasi kejadian yang terjadi pada tahun lalu, dosen farmasi ini berpesan kepada Maba untuk selalu memberi kabar kepada orangtua. Orangtua juga diimbau agar tidak mudah percaya jika ada pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan panitia atau tim kesehatan UAD yang memberikan informasi berupa berita-berita yang simpang siur atau belum jelas kebenarannya. Misalnya, terjadi kecelakaan atau bahkan meminta untuk mengirimkan sejumlah uang. Sebaiknya, pihak orang tua mengonfirmasi berita tersebut dengan menghubungi panitia atau timkes P2K.

“Saya berharap jumlah mahasiswa yang sakit menurun dan setiap mahasiswa baru maupun panitia P2K selalu menjaga kesehatan,” ungkap Hendy menutup wawancara dengan reporter P2K.