UAD Adakan Kuliah Umum Internasional

0
132

Lebih dari 300 peserta mengikuti kuliah umum yang diadakan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Peserta tersebut tidak lain adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah (FTDI) yang terdiri atas tiga program studi, yakni Tafsir Hadits (TH), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Acara ini diselenggarakan pada Senin (1/3/2016) pukul 09.00-12.00 WIB dan bertempat di Aula Islamic Center UAD Jalan Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul. Kuliah umum kali ini berskala internasional karena menghadirkan pembicara dari Australia. Mereka adalah Dr. Ibrahim Abu Muhammad dan Dr. Muhammad Khamis, yang merupakan imam besar di salah satu masjid di Australia.

Selain itu, Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD mendatangkan qori internasional untuk mengumandangkan ayat suci al-Qur’an pada pembukaan kuliah umum.

“Kuliah umum ini terlaksana berdasarkan kerja sama UAD yang merupakan universitas Islam dengan kelompok-kelompok keislaman di dunia. Maka dari itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka menambah ilmu,” ungkap Prof. Drs. Sarbiran, M.Ed., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional.

Dalam kuliah umum yang mengambil tema “Pendidikan Islam” tersebut, dipaparkan dua materi. Di antaranya “Pendidikan Islam dan Peranannya” oleh Dr. Ibrahim Abu Muhammad dan “Pemuda dan Tugas-Tugasnya” oleh Dr. Muhammad Khamis. Selama pemaparan materi, pembicara menggunakan bahasa Arab.

Tidak hanya itu, peserta diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang diberikan. Hal ini tentu menjadikan mahasiswa yang notabennya adalah pemuda, menjadi aktif dan kritis mengenai pendidikan Islam dan kepemudaan yang saat ini mulai dikhawatirkan keberadaan dan fungsinya. Hal itu disebabkan oleh pengaruh globalisasi dari dunia Barat yang bertentangan dengan ajaran Islam. (AKN)