UAD Adakan Sarasehan Untuk Memahami, Menghadapi Plagiarisme

0
223

Sabtu (12/04) Lembaga Pengembangan dan Penelitian Universitas Ahmad Dahlan (LPP UAD) the recognized university mengadakan sarasehan tentang Plagiarisme. Acara berlangsung di Auditorium Kampus I UAD Jalan Kapas 09. Semaki, Yogyakarta.

Hadir sebagai pembicara Dr. V. Henry Soelistyo Budi, SH., L.LM. seorang Pakar Intellectual Property Rights (Hak Kekayaan Intelektual) membeberkan banyak hal tentang plagiarisme dan hak cipta di Indonesia.

Henry yang juga penulis buku “Plagiarisme” menghimbau kepada UAD yang mempunyai jargon Moral and Intellectual Integrity harus mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang mempunyai integritas moral dan intelektual yang tidak mungkin melakukan tindakan plagiarisme.

Ditemui di akhir acara, Dr. Widodo, M.Si selaku Kepala Lembaga Pengembangan dan Penelitian (LPP UAD) mengungkapkan, tujuan diadakannya acara ini, untuk menjelaskan kepada civitas akademika termasuk dosen dan mahasiswa tentang definisi plagiarisme. Diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya tindakan-tindakan semacam plagiarisme. Dan dengan acara ini civitas UAD dapat menjelaskan cara-cara menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait plagiarisme.

“Harapan kami setelah diadakannya acara ini para Dosen serta mahasiswa UAD dapat terhindar dari tindakan-tindakan plagiarisme serta mampu menulis dan meneliti dengan benar, jujur, terbuka serta bertanggungjawab“ ungkap Dr. Widodo, M.Si (MCH)