UAD Jadi Tuan Rumah dalam Tangkai Lomba Sastra di Peksiminas

0
31

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam tangkai lomba sastra di Pekan Seni Mahasiswa Nasional XIV (Peksiminas) 2018, yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia


(BPSMI) DIY. Acara ini berlangsung di kampus 4 UAD Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Rabu (1710/2018).

Kami sangat terhormat dan sangat bangga karena UAD menjadi tuan rumah, jelas Dr. Kasiyarno, M.Hum. selaku Rektor UAD dalam sambutannya.

Peksiminas merupakan pesta mahasiswa yang pertama kali digelar pada tahun 1991 di Solo. Sekarang, Peksiminas sudah menjadi event dua tahunan. Sebanyak 13 provinsi di belahan Indonesia telah menyelenggarakan ajang bergensi ini. Dan pada tahun 2018, Peksiminas ada di DIY.

Sebuah kenikmatan yang paling nikmat ketika semua peserta Peksiminas berkumpul di kampus 4 UAD yang sangat megah ini, ungkap Dr. Sumaryadi, M.Pd., selaku penanggung jawab Peksiminas tangkai lomba sastra dalam sambutannya.

Kami dari BPSMI mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada UAD yang telah menjadi tuan rumah dalam tangkai lomba sastra. Kami serahkan peserta sepunuhnya kepada juri. Sekarang peserta seperti pepatah, nasib manusia ada di tangan Tuhan dan nasib peserta ada di tangan juri, imbuhnya.

Lomba tangkai sastra yang diselenggarakan di UAD adalah penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan naskah lakon, dan baca puisi putra dan putri. Jumlah peserta dalam tangkai sastra ini ada 61 peserta untuk baca puisi terbagi dari 30 putra dan 31 putri. Tangkai penulisan puisi ada 32 peserta, penulisan cerpen 28 peserta, dan penulisan naskah lakon ada 22 peserta. Dalam tangkai puisi, UAD mengirimkan jagoannya atas nama Alfiandana Susilo Aji dari Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) UAD. (ASE)