UAD Lepas Mahasiswa KKN ke Thailand

0
145

“Ada 14 mahasiswa yang KKN di Thailand” terang Drs. Jabrohim, MM. Selaku Kepala LPM UAD Selasa (08/07/14), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada upacara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Green Hall Kampus I UAD. Jalan Kapas 09. Semaki. Yogyakarta.

“Pengabdian kepada Masyarakat merupakan sebuah bentuk pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang dilakukan oleh civitas akademika secara kelembagaan bagi masyarakat yang memerlukan pembelajaran dan pemberdayaan sebagai upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat guna memperbaiki kualitas hidupnya” terang Jabrohim.

Lebih lanjut Jabrohim menegaskan, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadi sebuah tolok ukur seberapa jauh Perguruan Tinggi dapat memberikan sumbangan kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN).

UAD sendiri tahun ini menerjunkan 997 KKN, diantaranya 618 KKN alternatif dan 379 KKN reguler. Selain KKN di Thailand, pada tahun sebelumnya KKN UAD juga ke Fhilipinan, Kamboja dan Mesir (Kairo).

Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum menyampaikan, Bahwa UAD pernah mengalami masa-masa sulit. Pada periode awal ketika UAD melakukan program KKN, banyak masyarakat yang menolak. Namun, setelah mengetahui program kerja dan kinerja Mahasiswa UAD, banyak masyarakat yang minta untuk ditempati KKN UAD. Bukan hanya di indonesia, di luar negeri pun UAD diminta mengadakan KKN di sana. UAD dikenal bagus karena program dan kinerja mahasiswa yang KKN itu bagus serta bermanfaat bagi masyarakat”

KKN kali ini UAD mengirimkan 14 mahasiswanya ke Thailand untuk KKN di sana. “Inilah bentuk kepercayaan masyarakat kita, tidak hanya orang sekitar yang percaya. Bahkan masyarakat luar negri juga menaruh kepercayaan kepada kami” terang Kasiyarno.

Sebelum menutup pembukaan, Kasiyarno berpesan kepad KKN UAD, jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Khoirunnas anfauhum linnas. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Ajarkan dan praktekkanlah apa-apa yang baik yang sudah kalian dapatkan selama belajar di UAD untuk masyarakat yang membutuhkan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Kepala Pusat KKN, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa), Kepala Lembaga Pengembangan dan Penelitian (LPP), Serta Kepala Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD. (CH)