UAD Menggagas Kepemimpinan Bangsa dalam Perspektif Psikologi

309

Sabtu, (14/06) Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Psikologi (BEM-Psikologi) UAD mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Menggagas Kepemimpinan Bangsa: Perspektif Psikologi” Bertempat di Auditorium Kampus I Universitas Ahmad Dahlan. Jalan Kapas 09. Semaki, Yogyakarta.

Pada acara tersebut hadir Prof. Dr. Hamdi Muluk (Guru Besar Psikologi Politik UI) sebagai Keynote Speakers. Selain itu juga dihadiri oleh pembicara lain baik dari dalam maupun luar kampus. Diantaranya Drs. Afnan Hadikusumo (Anggota DPD RI), Siti Urbayatun (Dosen Psikologi UAD), Elli Nur Hayati (Dosen Psikologi UAD) dan Heri Yudiyanto (mantan walikota Yogyakarta).

Dalam kesempatan tersebut prof. Dr. Hadi Muluk mengungkapkan, “Pemimpin adalah bagian dari kita, berangkat dari keseharian kita, dinaikkan oleh kita, dan diturunkan pula oleh kita seperti pepatah minangkabau pemimpin itu ditinggikan seranting, didahulukan selangkah. bukan seperti sosok satrio piningit yang tiba-tiba datang entah darimana kemudian memimpin kita dengan segala kesaktiannya tanpa diketahui latar belakangnya. bukan itu sosok pemimpin yang dicari.”

Ditemui disela-sela acara, Hadi Suyono, S.Psi, M.Si. selaku Dosen Psikologi UAD sekaligus ketua panitia acara tersebut mengungkapkan,” Latar belakang diadakannya acara ini ialah karena melihat realitas yang ada di masyarakat yang begitu sulit untuk melihat bahkan melahirkan sosok pemimpin bangsa yang mampu untuk mensejahterakan rakyat terutama dalam perspektif psikologi dan saat ini bangsa kita juga tengah kebingungan dalam mencari dan menentukan sosok pemimpin baru.”

Kembali menambahkan, “Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan kontribusi pemikiran untuk melahirkan pemimpin yang benar-benar mampu mensejahterakan rakyat serta membuka wawasan tentang psikologi dan kepemimpinan bahwa psikologi tidak hanya menangani masalah individual tetapi lebih dari itu Psikologi mempunyai cakupan luas bahkan mengenai kepemimpinan.”

“Harapan setelah diadakannya acara ini mampu menginspirasi mahasiswa untuk mempunyai jiwa kepemimpinan yang sejati dan Universitas Ahmad Dahlan mampu melahirkan sosok pemimpin-pemimpin bangsa yang mampu mensejahterakan rakyatnya” harap Hadi Suyono, S.Psi, M.Si. (MCH)