UAD Resmikan Kantor Urusan Bisnis dan Inovasi

0
16

 

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meresmikan Kantor Urusan Bisnis dan Inovasi (KUBI) pada 27 November 2018 di kampus 2 UAD. Kantor ini merupakan Growth Hub UAD sebagai realisasi dari proyek Growing Indonesia Triangular Approach (GITA) Hibah Erasmus+. Dalam proyek GITA Indonesia ini, Erasmus+ memberikan hibah kepada 11 universitas dari 5 negara, yaitu 7 universitas dari Indonesia (UAD, President University, Universitas Islam Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, dan STIE Malangkucecwara) dan 4 universitas dari Eropa (University of Glocestershire dari Inggris, Dublin Institute of Technology dari Irlandia, Fachhochschule des Mittelstands dari Jerman, dan Innsbruck University dari Austria). Proyek GITA mempunyai tujuan untuk menyinkronkan tiga aspek seperti membentuk kolaborasi universitas, menghasilkan alumni yang memiliki jiwa kewirausahaan, dan membentuk unit-unit bisnis baru.

KUBI sendiri mempunyai tujuan untuk menginkubasi startup business dan Growth Hub UAD yang akan menjadi pusat kegiatan kewirausahaan yang ada di UAD. Sasarannya ditujukan untuk mahasiswa, alumni, dosen, karyawan, dan stakeholders UAD. KUBI juga merupakan fasilitas inkubasi untuk mengembangkan inovasi dan mengeksploitasi ide-ide baru yang diterapkan pada ekonomi lokal dan regional dalam bentuk startup business.

Acara ini dihadiri berbagai kalangan, seperti Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti, beberapa perwakilan dari instansi pemerintah daerah, swasta, serta asosiasi-asosiasi pengusaha dan kamar dagang yang ada di Yogyakarta.

Menurut Kepala Kantor Urusan Internasional UAD sekaligus koordinator program Hibah Erasmus+ UAD, Ida Puspita, M.A., Res., “Banyaknya undangan yang disebar bertujuan agar semua kalangan bisa memanfaatkan KUBI UAD, dan ini merupakan wujud dari pengabdian masyarakat UAD.”