“Understanding Indonesia Through Literature” bersama Assoc./Prof. Pamela Allen, M.A., Ph.D.Dalam Kuliah Tamu

0
200

Jum’at, 21/03/2014, Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi (FSBK) UAD menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “Understanding Indonesia through Literature”, Memahami Indonesia melalui Sastra. Hadir sebagai pembicara, Assoc./Prof. Pamela Allen, M.A., Ph.D., Assoc. Dean of Faculty of Arts, University of Tasmania, Australia, dengan moderator was Ida Puspita, M.A.Res., Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD yang sekaligus dosen di Program Studi Sastra Inggris.

Diselenggarakan di auditorium kampus II UAD, kuliah tamu ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang terdiri dari dosen FSBK dan para mahasiswa. Para mahasiswa yang hadir tidak hanya mahasiswa lokal Indonesia tetapi juga mahasiswa asing yang sedang belajar di UAD khususnya dari Thailand dan Cina. Tri Rina Budiwati, M.Hum., ketua Program Studi Sastra Inggris UAD, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pamela karena sebagai orang asing Pamela mau mempelajari dan bahkan memiliki pengetahuan yang luas mengenai Sastra Indonesia.

Dalam pidatonya, Assoc./Prof. Pamela Allen mempresentasikan pengalaman dan pemahamannya tentang karya sastra Indonesia sejak era kolonialisme, era orde lama, sampai orde baru. Pamela juga secara khusus membahas karya sastra Indonesia yang bertemakan Perempuan dan Islam.

Kuliah umum tersebut semakin menarik dengan sesi tanya jawab, para mahasiswa menunjukkan pemikiran kritisnya terhadap presentasi Pamela dengan bertanya berbagai permasalahan yang menarik. Selain memberikan kuliah di FSBK, Pamela juga menjadi pembicara tamu pada acara wisuda sarjana dan pascasarjana UAD pada Sabtu 22 Maret 2014.(Doc)