Upaya Muhammadiyah dalam Mewujudkan PT Bermartabat dan Berkemajuan

0
191

Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar rapat koordinasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Aisyiyah se-DIY dan Jateng. Acara yang mengangkat tema “Mewujudkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah yang Bermartabat dan Berkemajuan” ini berlangsung di Inna Garuda Hotel, Yogyakarta, Selasa (18/11).

Pada kesempatan tersebut, hadir Dr. Kasiyarno, M.Hum. (Rektor UAD), Prof. Dr. Bambang Setiaji (Rektor UMS), dan Prof. Dr Bambang Cipto (Rektor UMY) sebagai pemateri tentang Strategi Penguatan PTM dalam Arus Dinamika Perguruan Tinggi di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  dan Jawa Tengah (Jateng).

Selain mengangkat materi tersebut, juga terdapat materi dengan tema “Mempertegas PTM Sebagai Sarana Dakwah Islam Bermartabat dan Berkemajuan dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” yang disampaikan oleh Prof. H. Abdul Malik Fajar, M.Sc.

Menurut Abdul Malik Fajar, yang memiliki martabat dan berkemajuan akan memberikan kemajuan, baik secara psikologis maupun materil kepada orang-orang sekitar. Untuk mencapai kemajuan, butuh seni dalam menggerakkan Muhammadiyah dan tentu konsep-konsep baru agar lebih baik.

“Yang paling utama adalah ide dan cita-cita. Jika kita tidak punya cita-cita, berarti sudah tidak punya mimpi,” lanjutnya.

Acara yang dihadiri 149 peserta dari PTS serta PTA se-DIY dan Jateng tersebut direspons baik oleh Kasiyarno. Sebelum menutup acara, ia menyampaikan, “Untuk mencapai mimpi, kita harus maju bersama agar lebih berkembang. Saya kira acara seperti ini bagus dilaksanakan tiap tahun sekali. Di sini banyak informasi yang kita dapatkan dan menjadi evaluasi untuk lebih berkembang lagi kedepannya.”

Selain itu, Malik Fajar menimpali, “Acara seperti ini sangat bagus dan perlu dilestarikan karena di sini ada komunikasi dan berbagi antar-PTS Muhammadiyah.”