Workshop dalam Rangka Rapat Kerja Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Periode 2015-2020

0
262

 

Masa kerja majelis tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY) periode 2010-2015 telah habis. Setelah melakukan  pemilihan anggota baru, akhirnya diadakan rapat kerja (raker) guna menjalankan kepengurusan untuk 5 tahun ke depan, yakni periode 2015-2020.

Sebelum raker dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan workshop guna menyiapkan bekal-bekal mengenai program kerja yang akan disusun. Dalam melaksanakan agenda tersebut, majelis tabligh PWM DIY bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sebab, UAD adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta umum dan dilaksanakan di Aula Islamic Center UAD, Jalan Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul pada Sabtu (19/03/2016) sejak pukul 09.00-12.30, yang kemudian dilanjutkan dengan raker.

Dalam workshop tersebut, tema yang diambil adalah “Implementasi Dakwah Komunitas Berbasis Masjid” dengan menghadirkan empat pemateri. Di antaranya, AM. Jazir ASP. (Budayawan), Dr. H. Tafsir, M.Ag. (Ketua PWM Jateng), Rusydi Umar, Ph.D. (Wakil Ketua MPI PWM DIY), dan Dr. Istiana Hermawati (BBPPKS D.I. Yogyakarta).

Selain itu, keempat pembicara tersebut memaparkan materi yang berbeda berdasarkan bagiannya masing-masing. AM. Jazir ASP. membahas tentang “Daya Guna Masjid untuk Masyarakat”. Sementara itu, Dr. H. Tafsir, M.Ag. memaparkan materi mengenai “Dakwah Komunitas bagi Kaum di Jalanan”.

Selanjutnya, Rusydi Umar, Ph.D. menerangkan tentang “Dukungan IT dalam Pelaksanaan Dakwah Komunitas”, dan yang terakhir Dr. Istiana Hermawati menjabarkan “Kondisi Sosial di Indonesia terutama DIY”. (AKN)