1.564 Mahasiswa UAD Ikuti PLP 2

0
143

Sabtu (27-7-2019), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melepas 1.564 mahasiswa yang akan mengikuti Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2. Acara pelepasan bertempat di halaman kampus IV UAD. Wakil Rektor II, Drs. Safar Nasir, M.Si. bertindak sebagai pembina apel sekaligus melepas mahasiswa secara simbolik.

PLP adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang program sarjana pendidikan. Kegiatan ini merupakan transmisi dari kegiatan magang pada sebelumnya. Bentuk kegiatan tersebut berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan, latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Tri Kinasih Handayani, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan data-data mahasiswa yang akan mengikuti PLP 2. “PLP merupakan pengganti atau istilah lain magang. Adanya PLP 2 sebab kurikulum berubah. Total ada 1.406 mahasiswa FKIP yang mengikuti PLP 2. Sedangkan mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) berjumlah 158. Sebanyak 126 sekolah menjadi mitra UAD dalam PLP 2. Mahasiswa akan berada di sekolah selama satu bulan, penerjunan dimulai 29 Juli 2019, dan ditarik dari sekolah tanggal 1−3 September.”

Safar Nasir dalam pidatonya mengatakan agar mahasiswa PLP 2 menjaga nama baik UAD dan memberi contoh yang baik di sekolah. “Di sekolah, mahasiswa akan menjadi teladan sebagai seorang guru. Persiapkan diri menjadi seorang guru dan menyesuaikan dengan aturan maupun budaya di sekolah masing-masing. Bekal dan teori yang didapatkan selama perkuliahan, dipraktikkan di sekolah. Apa yang didapatkan selama kuliah bisa diperbaiki atau dikembangkan ketika di sekolah.” (JM)