Amati Gerhana Bulan melalui Observatorium UAD

0
26
Dr. Kasiyarno, M.HUm (Rektor UAD) saat mengamati gerhana bulan sebagian di Observatorium UAD

 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara Salat dan Pengamatan Gerhana Bulan Sebagian di Kampus Utama, Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (17-7-2019). Acara pengamatan seperti ini sudah rutin dilakukan UAD melalui Pusat Studi Astronomi (Pastron).

Pada kesempatan ini turut Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum. didampingi Wakil Rektor I Dr. Muchlas, M.T. Selain itu hadir juga dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes., Sp.S. sebagai khatib pasca salat gerhana. Pengamatan gerhana bulan sebagian berlangsung sejak pukul 01.43 WIB hingga 07.17 WIB.

Pastron UAD menyediakan beberapa teleskop bagi peserta yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan secara langsung. Selain itu, Pastron juga menyediakan live streaming melalui kanal YouTube. Lokasi pengamatan berada di Masjid Islamic Center, halaman kampus, serta observatorium.

Dalam sambutannya, Kasiyarno mengatakan fenomena-fenomena yang terjadi seperti gerhana harus menjadikan manusia tetap ingat kepada Allah Swt. Sebab, menurutnya ilmu pengetahuan tidak bisa dilepaskan dari agama.

“Kami mengapresiasi kerja Pastron UAD dan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah yang telah menyelenggarakan acara ini. Ke depan, kami memiliki harapan UAD semakin konsen dengan pengamatan fenomena-fenomena di angkasa,” ujarnya.

Saat ini UAD juga telah memiliki observatorium yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit. Selanjutnya, observatorium ini bisa dimanfaatkan masyarakat secara umum. Terutama untuk mendukung pengamatan hilal. (ard)