Andai Bumi Bisa Bicara: “RAWAT AKU AGAR HIDUP LEBIH LAMA”

378

 

Pada hari Senin, 22 April 2013, Prodi PGSD dan PG PAUD yang bertempat di Kampus V Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Jl. Kyai Ageng Pamanahan no. 19, Sorosutan, Yogyakarta, telah menyelenggarakan peringatan hari bumi dengan tema “Satukan Tekad Selamatkan Bumi Kita Dari Sekarang untuk Masa Depan” Ketua Program Studi PGSD Dra. Sri Tutur Martaningsih, M. Pd beserta Ketua Program Studi PG PAUD Dra. Alif Mua’rifah, S. Psi, M. Si sangat mendukung terhadap berlangsungnya kegiatan tersebut. Tujuan diselenggarakannya acara ini ialah sebagai wujud kepedulian terhadap bumi, serta memunculkan kesadaran bagi mahasiswa, dosen dan segenap civitas akademika, serta masyarakat terhadap pentingnya menyelamatkan bumi dari kerusakan.

 

Peringatan hari bumi ini sejalan dengan visi misi Prodi dimana salah satu visinya adalah berwawasan lingkungan. Hal tersebut juga dituangkan dalam mata kuliah pendidikan lingkungan hidup (PLH) bagi mahasiswanya. Diharapkan ke depan Prodi PGSD dan PG PAUD bisa mencetak calon pendidik SD dan PAUD yang berwawasan lingkungan dan dapat menularkan ilmu yang didapatkan kepada anak sedini mungkin.

Berbagai rangkaian acara telah diselenggarakan, antara lain car free day. Ketika masuk lingkungan kampus, kendaraan dimatikan mesinnya yang  berlangsung dari pukul 08.00-12.00 WIB. Selain itu, dilakukan aksi penulisan pesan di atas kain putih sepanjang 5×2 meter. “Segenap civitas akademika baik mahasiswa, dosen, karyawan, satpam, cleaning service, terlibat dalam kegiatan tersebut dan cukup antusisas menuliskan pesan sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan bumi mendatang” ujar salah satu dosen Dholina Inang Pambudi, M. Pd.

 

Salah satu cuplikan pesan yang ditulis oleh mahasiswa adalah “Andai bumi itu bisa bicara, dia akan berkata “Rawat aku agar dapat hidup lebih lama” Marilah selamatkan bumi sekarang juga dari kita, untuk kita. (Doc)