ANGKAT TEMA PEREMPUAN DALAM PUISI INDONESIA, RINA RATIH RAIH DOKTOR

0
272

 

ANGKAT TEMA PEREMPUAN DALAM PUISI INDONESIA, RINA RATIH RAIH DOKTORPerempuan memiliki persoalan dan pengalaman hidup yang berbeda dengan laki-laki dalam masyarakat patriarkat sebagaimana diekpresikan oleh perempuan penyair ke dalam puisi. Sosok perempuan yang direpresentasikan penyair ke dalam puisi menjadi penting diteliti agar dapat mengungkap keberadaan perempuan pada zamannya karena puisi merupakan ekspresi puitik dan kesadaran penyairnya.

Demikian hal itu diungkapkan oleh Dra. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. dalam Ujian Terbuka Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya UGM Promosi Doktor pada tanggal 2 April 2013 di Gedung RM Margono Djojohadikusumo. Ujian terbuka tersebut dihadiri oleh keluarga, rekan dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, serta sejumlah kolega.

Dra. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum., yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengangkat judul disertasi "Perempuan dalam Puisi Karya Perempuan Penyair Indonesia: Kajian Kritik Sastra Feminis atas Puisi-puisi Tahun 1920-2000". Penulisan disertasi tersebut dibimbing oleh promotor Prof. Dr. Siti Chamamah Soeratno, dan ko-promotor Dr. Juliasih K., S.U. dan Dr. Kun Zahrun Istanti, S.U., dan dinilai oleh tim penilai yang terdiri Prof. Dr. C. Soebakdi Soemanto, S.U., Prof. Dr. Faruk, S.U., dan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti, serta diujikan oleh Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA.

"Berdasarkan penelitian saya, ada dinamika keberadaan perempuan dalam puisi-puisi Indonesia. Pertama, keberadaan perempuan dalam puisi tahun 1920-1942 didominasi oleh peran perempuan di wilayah domestik sebagai istri yang mengabdi kepada suami. Keberadaan perempuan dalam puisi tahun 1942-1945 mengalami tekanan sebagai perempuan terjajah tetapi sekaligus melahirkan keberanian, semangat nasionalisme, dan keinginan beraktualisasi di masyarakat," papar penulis buku cerita anak Sang Pembangkang.

Ketua Sidang Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, MA, M.Phil berikut para penilai memutuskan kelulusan bagi Dra. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. dengan predikat "sangat memuaskan".