Bawaslu Gandeng Fakultas Hukum UAD Sukeskan Pemilu 2014

0
161

Auditorium Kampus I UAD menjadi saksi dicetuskannya “Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu 2014”. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan  Fakultas Hukum UAD menjalin kerja sama dalam Seminar Nasional “Peran Perguruan Tinggi dan Sekolah dalam Pengawasan Pemilu 2014” yang diselenggarakan hari Jumat (27/9). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendorong masyarakat, terutama mahasiswa dan pelajar untuk menyukseskan pemilu 2014. Seminar ini dihadiri oleh Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. (Ketua Bawaslu RI), Dr. Ferry Rizky Kurniawan (anggota KPU RI), Dr. Zaenal Arifin, S.H., LL.M. (Pengamat Politik dan Pegiat Anti Korupsi), dan Rahmat Muhajir Nugroho, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum UAD).

“Pemilu 2014 adalah milik rakyat. Bukan milik caleg, DPR, atau pejabat,” demikian ditegaskan Ketua Bawaslu RI. Para narasumber menekankan bahwa peran masyarakat sangatlah vital, terutama mahasiswa dan pelajar sebagai juru kunci suksesnya pemilu yang akan datang. Pada sesi yang lain, Dekan Fakultas Hukum menambahkan bahwa Yogyakarta merupakan barometer demokrasi Indonesia dengan melihatnya sebagai wadah mahasiswa dan pelajar dalam menempuh pendidikan.

Seminar ini berlangsung dengan semangat diskusi yang tinggi antara narasumber dan peserta yang merupakan mahasiswa. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka dalam beberapa pertanyaan. Bawaslu juga mengajak mahasiswa dan pelajar turut serta sebagai pengawas pemilu. Para narasumber berharap dengan adanya gerakan sejuta relawan pengawas pemilu, tidak hanya sekedar dorongan tetapi upaya aktif dari semua kalangan demi suksesnya pemilu 2014 yang jujur, bersih, dan adil. (hry)