Bayu Kuntani Pemuda Pelopor Budaya Nasional, Wakili UAD ke Vietnam

0
224

Kecintaan Bayu pada dunia seni mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Ia mendapat 23 prestasi dibidang seni sejak tahun 2005-2013 dan 9 penghargaan dibidang seni sejak tahun 2010-2012. Salah satu piagam  kesenian yang diperoleh Bayu yaitu juara 1 Pemilihan Pemuda Pelopor  Tingkat Nasional Dalam Bidang Sosial Budaya tahun ini. Bayu menjadi perwakilan dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk sebuah ajang kesenian di Vietnam pada tanggal 11 sampai 16 Desember.

“Saya akan mempresentasikan budaya Yogyakarta di sana tidak hanya mewakili UAD tapi juga mewakili Indonesia” terang Bayu saat jumpa pers di Lab. Manajemen Sabtu (9/11).

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)  bernama lengkap Erwanda Bayu Kuntani ini, dengan langkah sederhana, pemuda ini mampu menjadi seorang pendekar yang turut serta menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan melestarikan budaya.

Bermodal tekad yang kuat dan niat tulus, Bayu putuskan untuk mengabdikan dirinya kepada masyakarat dengan mendirikan sebuah sanggar sederhana pada tahun 2005 bertempat di Pendopo rumah orang tuanya. Ia mengundang anak-anak disekitar rumahnya untuk diajak belajar bersama tentang berbagai macam kesenian.

Hasilnya tahun 2009 melalui proses yang panjang secara resmi dia berhasil mendirikan “Starlight Production” yang di dalamnya terdapat berbagai bidang kegiatan seperti Bidang Sosial, Kesenian dan  pendidikan. Bertempat di Kantor Kecamatan Pandak pada tanggal 28 Juni 2009 Starlight Production diresmikan oleh Camat Pandak, Indriyanta, S.IP.

“Saya sangat didukung penuh oleh kedua orang tua, untuk mengikuti berbagai macam pelatihan baik secara akademik maupun non akademik” ungkap Bayu.(Amw/Sbwh)