Bponik UAD Juara 1 Pendamping Pimnas 31

0
23
Tim BPONIK usai menerima trofi Juara 1 stan kewirausahaan pendamping PIMNAS 31 di UNY

Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali meraih prestasi dalam ajang lomba pendamping Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Peserta perlombaan ini merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi peserta PIMNAS 31 Tahun 2018.

Tema yang diusung lomba pendamping PIMNAS 31 adalah “Kebhinekaan sebagai Perisai Radikalisme”. Pada ajang ini, tim Bluetooth untuk Pemantauan dan Pengendalian Hidroponik (BPONIK) meraih juara 1 stan kewirausahaan pendamping PIMNAS 31.

Tim stan kewirausahaan Bponik terdiri atas Vernandi Yusuf Muhammad (Teknik Elektro), Mar’atul Husna (Teknik Kimia), Yenny Rahmawati (Teknik Elektro), Ponco Sukaswanto (Teknik Elektro), dan dengan dosen pembimbing Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D.

Vernandi, ketua tim menjelaskan, manfaat Bponik untuk memudahkan para petani hidroponik dan aquaponik. “Produk ini kami ciptakan untuk mengatasi permasalahan petani hidroponik dan aquaponik dalam hal monitoring dan kontroling kualitas air. Untuk alat serupa dari luar negeri, mereka harus impor dengan harga yang sangat mahal,” ujarnya.

Selain digunakan untuk petani atau pengemar hidroponik dan aquaponik, Bponik dapat digunakan untuk pembudidayaan ikan atau udang. “Cara kerja alat ini menggunakan sensor. Cukup dicelupkan ke air kemudian alat akan bekerja sendiri,” imbuh Vernandi.

Atas prestasi-prestasi yang diraih, Prof. Ainun Na’im selaku Sekjen Kemristekdikti mengucapkan selamat kepada para pemenang. Pihaknya juga berpesan karya-karya yang dimiliki semua pemenang semoga tidak hanya berhenti dalam karya dan gagasan untuk PIMNAS. Pesan ini disampaikan pada saat upacara penutupan PIMNAS ke-31 di GOR UNY, Sabtu (01/09/2018) malam.