Doktor di UAD bertambah satu lagi: Dr. Muchlas, M.T.

0
282

Doktor di UAD bertambah satu lagi: Dr. Muchlas, M.T.

Perkembangan teknik digital yang sangat pesat membawa implikasi pula ke arah meningkatnya tuntutan dunia kerja terhadap kualifikasi yang harus dimiliki oleh tenaga kerja. Dengan demikian, perlu dikembangkan pembelajaran praktek menggunakan simulator yang dilengkapi dengan fasilitas kolaborasi praktek online yang dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai simulator, mudah dalam implementasinya, menyediakan kelengkapan program aplikasi desktop dan online, menyediakan fasilitas komunikasi teks sinkron maupun asinkron (chat dan email), serta terintegrasi dengan learning management system (LMS).
 

Hal itu diungkapkan oleh Dr. Muchlas, M.T. dalam Sidang Ujian Terbuka Program Doktor Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di Aula Gedung Program Pascasarjana UNY Lt. 3, Sabtu (4/5).  Ujian terbuka tersebut dihadiri oleh keluarga, kolega dosen, serta seluruh civitas akademika UAD. Turut hadir pula Kepala BPH UAD Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. dan Rektor UAD Drs. Kasiyarno, M.Hum.
 

Dr. Muchlas, M.T.  merupakan staf pengajar di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mengangkat judul disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Online untuk Praktek Teknik Digital di Perguruan Tinggi”.  Penulisan disertasi tersebut dibimbing oleh promotor Prof. Sarbiran, Ph.D., dan kopromotor Herman Dwi Surjono, Ph.D.,  diuji oleh Prof. Adhi Susanto, Ph.D., Soeharto, Ed.D., dan Prof. Soenarto, Ph.D.
 

Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran online untuk praktek teknik digital beserta pendukungnya yang layak diimplementasikan untuk mendukung kegiatan praktek yang fleksibel dengan biaya rendah di perguruan tinggi.  Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Portal Laboratorium Virtual dengan alamat akses http://elab.uad.ac.id,  Panduan Model Pembelajaran Praktek Online,  Satuan Acara Perkuliahan/Praktek Teknik Digital, Buku Ajar Teknik Digital, Panduan Pengoperasian Simulator Breadboard, Panduan Praktek Online untuk Dosen/Instruktur/Mahasiswa, dan Panduan Praktek Teknik Digital dengan metode inkuiri terbimbing.
Ketua Sidang Ujian Terbuka Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo beserta para penguji memutuskan kelulusan bagi Dr. Muchlas, M.T. dengan predikat “sangat memuaskan”.[sdy]