Dosen PBSI UAD Presentasi pada Semnas LPPM UNY

0
181

Dosen PBSI FKIP UAD berprestasi dalam Semnas LPPM UNYDosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Sudaryanto, M.Pd. tampil mempresentasikan makalahnya dalam Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Masyarakat Penelitian Pendidikan Indonesia (MPPI), Selasa-Rabu (7-8/5) di Lantai 2 Gedung LPPM UNY.
Seminar tersebut mengambil tema “Optimalisasi Penelitian dan PPM untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa”, dan dihadiri oleh para dosen UNY, mahasiswa UNY, dan dosen PTN/PTS lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sudaryanto mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Wacana Humor Verbal Tulis Gus Dur: Studi Aneka Konteks, Tujuan Tuturan, dan Topik Pembicaraan”. Makalah tersebut merupakan sebagian dari hasil tesis S-2-nya yang diselesaikan di Program Studi Linguistik Terapan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2012, dengan predikat cumlaude.

“Wacana humor verbal tulis Gus Dur, setelah diteliti ternyata didukung oleh adanya konteks tuturan, tujuan tuturan, dan topik pembicaraan. Terkait konteks tuturan, ada dua macam konteks, yaitu konteks kebudayaan dan konteks pertuturan. Konteks kebudayaan meliputi ragam bahasa informal, dialek bahasa lokal, dan penggunaan bahasa asing,” urai pria yang mengaku telah menulis 11 buku kepenulisan dan pendidikan ini. [sdy]