Dr. Nurul Hidayah, S.Psi., M.Si., Tekun Meneliti Bidang School Satisfaction

0
274

Bidang kepuasan bersekolah (school satisfaction) belum banyak ditekuni oleh para akademisi. Di antara yang sedikit itu, muncullah Dr. Nurul Hidayah, S.Psi., M.Si., Psikolog. dari Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Bu Nurul, begitu ia biasa disapa, telah berhasil meraih gelar doktor di Program Studi S-3 Psikologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM), Malang, dengan predikat kelulusan cum laude.

Ia menulis disertasi berjudul “Model Kepuasan Bersekolah (School Satisfaction) pada Siswa SMP”, di bawah bimbingan Promotor Prof. Dr. Marthen Pali, M.Psi., dan Kopromotor Dr. H. M. Ramli, M.A. serta Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Ed. Selain ketiganya, hadir pula sejumlah pakar sebagai penguji disertasi, yaitu  Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng, Dr. Immanuel Hitipew, Prof. Dr. F. Danardana, Dr. M. Irtadji, dan Prof. Dr. Ery Tri Djatmika.

“Dalam perjalanan menyelesaikan S-3 ini, saya butuh kerja keras dan banyak tantangan yang dihadapi, baik yang bersifat akademik maupun personal. Ucapan terima kasih atas dukungan institusi, keluarga, dan rekan sejawat,” tulis istri Muhammad Syamsul Arifin dan ibu dari empat orang anak (Fathimah, Abdullah, Maryam, dan Asiyah) ini melalui pesan WhatsApp yang dikirim kepada Kabar UAD.

Saat ditanya harapan setelah berhasil meraih gelar doktor, ia ringkas menjawab, “Saya ingin melanjutkan penelitian yang sudah dirintis sejak kuliah S-3 hingga mampu menemukan indeks kepuasan bersekolah yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. Saya juga ingin menulis buku tentang positive education dan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi.”

Bu Nurul mengaku, ia mempublikasikan sebagian isi disertasinya ke jurnal internasional, salah satunya ialah Journal of Educational, Health, & Community Psychology. Ia juga mengaku, kuliah S-3 di UM atas beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti), yaitu Beasiswa Program Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN).

Selamat dan sukses untuk Bu Nurul Hidayah yang telah menekuni bidang school satisfaction! (SDY)