FAS ke-53 Pentaskan Pergelaran Sastra Akhir Tahun

0
214

 

Forum Apresiasi Sastra (FAS) ke-53 menjadi forum yang berbeda dari biasanya. FAS yang diadakan pada Rabu, 9 Desember 2015 di Aula kampus II UAD kali ini sengaja dikonsep tanpa ada diskusi, tetapi lebih pada pergelaran dan apresiasi karya sastra.

“Forum rutin bulanan pada hari Rabu minggu kedua kali ini sengaja dikonsep berbeda. Salah satu tujuannya untuk memberikan ruang kepada mahasiswa dalam mengapresiasi karya sastra. Mulai dari pembacaan puisi/cerpen, musikalisasi puisi, monolog cerpen, tari puisi, dan drama,” ujar Fitri Merawati, M.A., selaku ketua panitia.

Kosep dan tema acaranya berupa “Pergelaran Sastra Akhir Tahun”. Tujuannya untuk memeriahkan agenda sastra di UAD dan agar tidak jenuh karena melulu diskusi.

Pengisi acara FAS berasal dari mahasiswa berbagai semester. Seperti pembaca puisi ada Sigit Pamungkas, Dita Yuliana P, Nurman, Niken Astuti, Destriana Pratica, Ridho Iqbal S, Salwa Rosa Salsabilla, dan Dwi Rahayu Susilawati. Untuk pembaca cerpen ada Devi Santi A, Putri Sukma Jayanti, dan Arum Puspitaning Tyas. Sedang untuk tari puisi ada Diyah Yuliani Susanti. Selain itu dimeriahkan juga oleh Teater JAB, Teater Pebei, Teater 42, Jejak Imaji, dan Sunrise.

Tujuan lain dari acara ini untuk menumbuhkembangkan sastra di UAD, khususnya di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Sebab, PBSI sendiri memiliki sejarah sastra yang cukup kuat di lingkup sastra Yogyakarta.

Acara ini terselenggara atas kerja sama Prodi PBSI dengan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga PP Muhammadiyah. (Ard)