Hizbul Wathan: Menarik, Menyenangkan, dan Menantang!

0
501

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah salah satu organisasi otonom di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah. HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa K.H. Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. HW mengusung slogan “Menarik, Menyenangkan, dan Menantang”. Kepanduan HW berasaskan menarik, karena menuntut rasa sukarela dan keikhlasan dari anggota.

Galih Novri Isro’i, Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Hizbul Wathan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menceritakan kegiatan yang dilaksanakan HW. “HW mengadakan kegiatan latihan rutin, pendidikan dasar untuk anggota baru, kemah besar untuk anggota baru yang hendak naik tingkat, latihan dasar pimpinan untuk kader-kader yang akan menjadi pemimpin, juga ada kegiatan di alam seperti mendaki gunung dan climbing.”

Selain kegiatan di UAD, HW juga mengikuti kegiatan sosial di luar UAD. HW bergabung dengan Muhammadiyah Disaster Manajemen Centre, kegiatannya serupa relawan, Team Search And Rescue (SAR) dari Muhammadiyah. Tujuannya untuk menggali dan meningkatkan kemampuan anggota HW. Saat ini, HW UAD memiliki anggota aktif sekitar 100 orang.

Syarat mahasiswa yang hendak bergabung dengan HW adalah niat dan ikhlas mengikuti kegiatan di HW. Bagi anggota yang fisiknya kurang mendukung untuk kegiatan berat seperti mendaki gunung dan climbing, HW menawarkan kegiatan non-fisik misalnya training outbond manajemen centre yang lebih menekankan kepada pendidikan. Perbedaan HW dengan mahasiswa pencinta alam (Mapala) yaitu, Mapala fokus pada alam, sedangkan di HW selain berkegiatan di alam, juga diisi oleh kegiatan keagamaan, sosial, dan menempa kepribadian yang baik dan sejalan dengan agama Islam. (JM)