KKN-PPM UAD Persembahkan Produk “Nata De Cassava”

0
237

Kamis (29/8/2013), Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (KKN-PPM UAD) periode XLV 2012/2013 resmi ditarik oleh pihak universitas setelah bertugas selama 35 hari di Desa Sidowangi, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

            Prof. Drs. H. M. Sarbiran, M.Ed., Ph.D. Wakil Rektor IV Universitas Ahmad Dahlan menarik kembali 18 mahasiswa KKN-PPM UAD di desa Sidowangi ”Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak kecamatan, kelurahan, masyarakat, dan instansi yang telah menerima KKN-PPM UAD serta membantu terlaksananya progam-progam mahasiswa” ucapnya saat upacara penarikan.

            Menanggapi hal tersebut Pihak kecamatan Kajoran Gatot. K. Trisakti,S.Sos. selaku Wakil Camat memberikan apresiasi tinggi kepada hasil kreatifitas mahasiswa yang memberikan manfaat bagi masyarakat ”Kami sangat berterimakasih dengan mahasiswa KKN yang telah membuat produk Nata de Cassava dari limbah selondok, hal tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat kami di desa Kajoran” sambutnya saat penyerahan mahasiswa KKN kepada universitas.

            Di Desa Sidowangi Mahasiswa KKN-PPM UAD diterjunkan di tiga dusun, yakni dusun Ngabehan, Melatisari, dan Sugihan. Meraka mengolah ketela dan limbah selondok yang menghasilkan beberapa produk yang bertema Nata de Cassava. Produk yang telah dihasilkan antara lain puding de cassava, agar-agar de cassava, kue nastar de cassava, tumis kacang nata de cassava, pancake cassava, batagor de cassava, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga memanfaatkan barang bekas untuk dikelola menjadi produk menarik, salah satunya pembuatan celengan dengan kaleng bekas.

            Kepala dusun (Kadus) Sugihan Bapak Ahmad Tohari mengungkapkan saya paling suka dengan nata de cassava. “Terima kasih telah memberi ilmu yang bermanfaat dengan mengolah limbah selondok dan ketela” ungkapnya saat diwawancarai. (IYNP)