KKN UAD, Berdayakan Masyarakat menuju Indonesia Berkemajuan

0
61

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerjunkan sejumlah 326 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler semester genap pada tahun 2019. KKN kali ini mengusung tema “Memberdayakan Masyarakat menuju Indonesia Berkemajuan”.

Sejumlah lokasi penerjunan telah disiapkan mulai dari Kabupaten Kebumen untuk KKN Reguler Desa ke-73. Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Bantul untuk KKN reguler PPM ke-74. Sementara  Provinsi Bengkulu untuk KKN reguler Muhammadiyah untuk Negeri ke-75.

Sebelum diterjunkan KKN, mahasiswa UAD telah dibekali dengan hard skill maupun soft skills sesuai dengan kearifan lokal daerah masing-masing. Diharapkan dengan keterampilan tersebut akan memberikan dampak positif di lingkungan KKN, utamanya dalam pemberdayaan masyarakat.

Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T. mengatakan, agar mahasiswa menjaga nama baik universitas dan norma-norma di lokasi KKN. “KKN merupakan kegiatan akademik yang sesungguhnya. Aplikasi dari teori yang sudah dipelajari di kampus. Tapi KKN juga akan mengajarkan banyak ilmu yang tidak diperoleh di kampus,” jelas Fadlil.

Ia menambahkan, mahasiswa yang mengikuti KKN harus menanamkan kebersamaan, kekompakan, dan kedisiplinan. Kemudian harus benar-benar meniatkan diri mengabdi kepada masyarakat.

Sementara Kepala Pusat KKN UAD, Drs. Purwadi, M.Si. menjelaskan, peserta KKN yang akan diterjunkan berjumlah 326. Rinciannya 249 di Kabupaten Kebumen, 106 di seluruh kabupaten di DIY, dan 11 mahasiswa di Provinsi Bengkulu.

Pelepasan dilakukan langsung oleh Wakil Rektor III didampingi Wakil Rektor II Drs. Safar Nashir, M.Si. dan Kepala Pusat KKN UAD di Masjid Islamic Center, Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (27-7-2019). (ard)