Kuliah Umum bersama Prof. Dr. Adiwijaya

0
313
Suasana kuliah umum Program Studi Matematika yang diadakan di aula Islamic Center kampus 4 UAD pada Rabu (9/5/2018).

Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan (FMIPA UAD) menyelenggarakan kuliah umum di aula Islamic Center kampus 4 UAD pada Rabu (9/5/2018).

Pada kesempatan kali ini, Program Studi Matematika mendatangkan Prof. Dr. Adiwijaya yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Matematika Fakultas Informatika dari Universitas Telkom. Tema yang diangkat pada kuliah umum adalah “Menumbuhkan Budaya Inovasi pada Era Industri 4.0”.

Acara yang dimulai pukul 09.00 tersebut diawali dengan sambutan perwakilan dosen Program Studi Matematika, Yudi Ari Adi, S.Si.,M.Si. Dalam Sambutannya, ia mengatakan inovasi harus dilakukan di segala bidang. Semua orang perlu menumbuhkan inovasi terkait dengan budaya atau kemampuan masing-masing.

“Inovasi adalah salah satu usaha kita untuk mengubah suatu keadaan. Semoga kuliah umum ini bisa menambah wawasan dan kemajuan kita bersama,” ucapnya.

Adiwijaya mengatakan, era internet pada saat ini sudah merajalela. Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan. Akibatnya, teknologi sekarang tidak bisa dibendung dan sangat bergantung kepada internet.

“Industri 4.0 adalah transformasi digital pada industri menggunakan teknologi baru seperti Al, loT, Big Data, Cloud Computing, dan sebagainya. Industri 4.0 sangat menguntungkan.”

Ia menambahkan, sekarang ada lima sektor yang menurut perkiraan akan menjadikan Indonesia di era 4.0, yaitu makanan dan minuman, tekstil dan pakaian , otomotif, elektronik, serta obat.

“Keahlian yang harus kita miliki untuk hari ini dan masa depan yaitu kreativitas termasuk pembuatan ide dan pemikiran kritis, manajemen inovasi, kewirausahaan, tinjauan ke masa depan atau studi di masa depan, serta metode penelitian,” jelasnya. (dta)