LPPM UAD Pamerkan Produk Hasil Penelitian 13 Pusat Studi

0
85

Pertama kalinya, Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Research Expo of Ahmad Dahlan 2019. Acara yang dibuka oleh Dr. Muchlas, M.T., selaku Wakil Rektor I UAD ini, berlangsung selama dua hari mulai tanggal 3−4 Mei 2019 di kampus 4 UAD Jl. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Acara ini merupakan ajang untuk mengenalkan produk hasil dari penelitian 13 pusat studi, seperti Center for Integrated and Innovation (Cirnov), Pusat Studi Wanita (PSW), Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB), Sentra Hki, Pusat Studi Energi dan Lingkungan (PSEL), Pusat Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PS-K3), Pusat Studi Children and Family Education Center (Chifec), Pusat Studi Informasi dan Kajian Obat (PIKO), Pusat Studi Center of Creative Business (COTRESS), Pusat Studi Kebijakan Nasional (PUSJAKNAS), Pusat Studi Dinamika Sosial (PSDS), Halal Center, Pusat Studi Astronomi (PASTRON), dan Pusat Studi Layanan Disabilitas Ahmad Dahlan (PSLDAD), yang berada di bawah naungan LPPM UAD.

Kami ingin mengenalkan produk hasil dari penelitian, pengabdian, dan dari KKN-PPM, serta capaian dari pusat studi itu sendiri. Kebetulan kami juga ditambah dua kegiatan mahasiswa yaitu PKM Center yang merupakan kreativitas mahasiswa, dan dari Program Studi Bisnis dan Jasa Makanan (Bisma) yang produknya adalah makanan yang dihasilkan dari Program Studi Bisma itu sendiri,” kata Tri Wahyuni Sukesi, S.Si., M.Ph., selaku ketua panitia saat diwawancara, Jumat (3-5-2019).

Ia juga mengungkapkan, acara ini sangat menarik karena dari pusat studi akan memamerkan keberagaman hasil penelitiannya. Salah satu contoh penelitian yang menarik dihasilkan oleh PSW yang mengkaji tentang kejadian bunuh diri di Gunungkidul. Penelitian lainnya dari PSEL yakni menghasilkan alat-alat yang bisa mendaur ulang sampah. Pokoknya, semua pusat studi memiliki keberagaman dan keistimewaan tersendiri. Itu dibuktikan di dalam pameran.

Saya berharap, acara seperti ini tidak berhenti kali ini saja, tetapi bisa berkala dilakukan entah satu tahun sekali atau dua tahun sekali. Tujuannya agar mitra dari pusat studi di LPPM semakin bertambah. Apalagi sekarang kami mengundang rekan dari luar, mulai dari kota, kabupaten, provinsi, dan dinas-dinas dari kabupaten. Kami berharap mereka bisa tahu kalau di UAD ada pusat studi yang fokus pada bidangnya masing-masing. Selain bisa memacu kinerja dari masing-masing pusat studi, nanti juga bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang ada di luar UAD,” ungkapnya.

Yang lebih menarik dari acara ini adalah, stand terbaik akan menerima reward dari LPPM UAD secara langsung. Hadiah yang disediakan juga sangat menarik. (ASE)